PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN JASA PENGIRIMAN AB CARGO

Main Article Content

Chando Martua
S. Panjta Djati

Abstract

Herlyk Ekspress (AB Cargo) merupakan perusahaan pengiriman barang milik swasta yang bergerak dibidang jasa. Banyaknya perusahaan yang saling mengirim barang dari tempat yang jauh membuat jasa pengiriman barang ini menjadi sangat penting. Selama proses pengiriman barang kadang tidak selalu berjalan dengan lancar, misalnya kemungkinan terjadinya bencana, baik yang berasal dari alam, perbuatan manusia maupun dari sifat barang itu sendiri. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di perusahaan AB Cargo, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di perusahaan AB Cargo dan untuk mengetahui pengaruh kepuasaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di perusahaan AB Cargo. Jumlah sampel sebesar 80 responden yang terdiri dari customer AB Cargo. Metode yang digunakan dalam menguji penelitian ini adalah structural equation modelling. Structural Equation Modelling (SEM) adalah sebuah model statistic yang berguna untuk menjelaskan hubungan antara beberapa variabel dengan aplikasi program Smart PLS sebagai pengolahan data penelitian. Kualitas Layanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan, Harga berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Martua, C., & Djati, S. P. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN JASA PENGIRIMAN AB CARGO. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 1(1), 10-18. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/103
Section
Articles

References

Assauri, Sofjan, 2008. “Manajemen produksi dan operasi”. Lembaga penerbit fakultas ekonomi universitas Indonesia.
Griffin, J. (2005). “Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan”. Erlangga, Jakarta.
Hair, Anderson, Tatham, Black. 1998. “Multivariate Data Analysis Fifth Edition”. New York.
Hasibuan, Malayu S.P .2007. “Manajemen”. Bumiaksara, Jakarta.
Kotler, P. and K. Keller. 2006. “Marketing Management, 12 th ed”. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
Manullang, M. 2005. “Dasar-dasar manajemen, Edisi kedelapan belas”, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Parasuraman, dkk. 2005. “E-S-QUAL A MultipleItem Scale for Assessing Electronic Service Quality”. Volume 7, No. X. Hal 1- 21.
Sidiq Rustam Aji, 2017. “Pengaruh kualitas pelayanan, harga terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada perusahaan jasa pengiriman di Solo”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhamadiyah, Surakarta.
Subagio, H. 2011. “Pengaruh Atribut Supermarket terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen”. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6 (1), April 2011: 8-21.
Subagio, H. 2011. “Pengaruh Atribut Supermarket terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen”. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6 (1), April 2011: 8-21.
Uma, Sekaran, 2006, “Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 2”. Salemba Empat, Jakarta.