PENGARUH KUALITAS PELAYANAN (SERVICE QUALITY) DAN CITRA MERK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KLINIK AKUPUNTUR SETIA UTAMI
Main Article Content
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut : dari hasil analisis data melalui uji Annova diperoleh bahwa bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan/customer satisfaction di klinik akupuntur Setia Utami. Dari 5 dimensi service quality yang diteliti, terdapat 2 variabel yang memiliki pengaruh signifikan yaitu pada dimensi jaminan (assurance) dan empati (emphaty), sedangkan dimensi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability) dan daya tanggap (responsiveness) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan/customer satisfaction.
Downloads
Article Details
References
Fandy Tjiptono. (2014). “Pemasaran Jasa”. Penerbit : Andi, Yogyakarta.
Ghozali, I. (2016). “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS”. Penerbit : Universitas Dipenogoro, Semarang.
J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., 2003. “Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”. Penerbit: Kencana, Jakarta.
Kotler, Philip. (2004). “Manajemen Pemasaran Edisi Melinium”. Penerbit: PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2008), “Manajemen Pemasaran, Jilid 1”. Penerbit : Erlangga, Jakarta.
Rangkuti, (2002). “The Power of Brands” Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Robert Johnston and Graham Clark. (2008). “Service Operations Management, Second Edition”. Pearson, New York.
Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Penerbit: Alfabeta, Bandung.