PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA

Main Article Content

Wilma Yulinda
Aloysius Harry Mukti

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 736 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia angkatan 2014, 2015, 2016 dan 2017. Survey dilaksanakan pada bulan Oktober - November 2017. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 259 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Pengolahan data statistik dilakukan dengan software SPSS. Temuan dari penelitian ini yaitu dimensi jaminan (assurance), empati (emphaty) dan bukti fisik (tangible) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan  mahasiswa.  Sedangkan dimensi keandalan (reliability) dan daya tanggap (responsiveness) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yulinda, W., & Mukti, A. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 1(1), 38-45. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/106
Section
Articles

References

Ghofiroh, N., Sudarwant, T, 2016, Pengaruh kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada SMM ISO 9001 : 2008 Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya), Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol.3 No.3.
Ghozali, I, 2016, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler P, Keller K.L, 2016, Manajemen Pemasaran, Edisi ke-13 Jilid 1, Penerbit Erlangga.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L, 1985, A. Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research, Journal of marketing, vol 49, p 41-50.
Purwandi, D., Sutarsih, C., Sururi, 2016, Pengaruh Mutu Layanan Sarana dan Prasarana Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal ADPEND, hal 80-90.
Sandora, M, 2013, Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi di Tingkat Fakultas Terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN SUSKA Riau, Sosial Budaya, vol 10 No.02, hal 122-132.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Penerbit Alfabeta Bandung.
Susanto, P, 2012, Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Merek Lembaga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Padang, TINGKAP Vol. VIII No.I Th.2012, hal 65-78.
Tjiptono F & Chandra, 2011, Service, Quality, & Satisfaction, Edisi ke-3, Yogyakarta : Andi.
Wahyuningsih et.,al., 2013, Kepuasan Mahasiswa FKIP UNS Atas Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik, Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE), Vol.1 No.1, hal 89-99.
Https://www.google.co.id/amp/s/gogreeneconomy.wordpress.com/2014/09/30/peran-angka-partisipasi-kasar-apk-untuk-mengetahui-tingkat-keberhasilan-pembangunan-bidang-pendidikan, diakses pada 30 September 2014.
M.bisnis.com/Kalimantan/read/20170504/448/650484/perguruan-tinggi-swasta-pertumbuhan-unit-dan-mahasiswa-tak-sejalan, diakses pada 04 Mei 2017.
www.uki.ac.id