INOVASI PEMASARAN MELALUI BANYUWANGI MALL DALAM UPAYA EKSISTENSI PRODUK LOKAL DENGAN SASARAN WISATAWAN

Main Article Content

Dian Pratama
Novel Andriawan
Dimas Fajar Noercholis
Bari Bahtiar
Raka Gemilang Hevrinanda

Abstract

Perkembangan pariwisata di Banyuwangi, memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian  yang ada. Secara bertahap, perekonomian Banyuwangi, mengalami trend kenaikan dari tahun ke tahun. Pertumbuhan sektor pariwisata ini, juga menyebabkan naiknya permintaan terhadap penginapan (hotel), dan juga produk oleh–oleh. Akan tetapi, kenaikan permintaan terhadap produk oleh – oleh tersebut, tidak diimbangi dengan mudahnya sarana untuk menjangkau produk tersebut. Kendala ini, disebabkan karena geografi Banyuwangi yang luas, dan tempat produksi oleh – oleh tersebut tidak terpusat di suatu tempat. Diera digital ini, jarak bukanlah menjadi masalah dalam bertransaksi, maka untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah kabupaten Banyuwangi, membuat suatu portal khusus penjualan oleh–oleh, yaitu Banyuwangi mall sebagai upaya peningkatan omzet penjualan melalui e-commerce.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pratama, D., Andriawan, N., Noercholis, D., Bahtiar, B., & Hevrinanda, R. (2019). INOVASI PEMASARAN MELALUI BANYUWANGI MALL DALAM UPAYA EKSISTENSI PRODUK LOKAL DENGAN SASARAN WISATAWAN. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(1), 25-30. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/117
Section
Articles

References

Ardianti, R. I. (2016) ‘Pengembangan Potensi Pariwisata, Ekonomi Lokal Berbasis e-Commerce Kawasan Wisata Gunung Ijen kab. Banyuwangi’, Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 1(1), pp. 47–59.
Hernanda, D. W., Mindarti, L. In. and Riyanto (2018) ‘Community Empowerment Based on Good Tourism Governance in the Development of Tourism Destination’, Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 6(13), pp. 126–135. doi: 10.21776/ub.jitode.2018.006.02.08.
Maraya Azizah Rashin & Astri Ghina (2018) ‘Identifikasi Inovasi dan Kinerja Bisnis dalam Meningkatkan Daya Saing Identification of Innovation and Business Performance in Enhance’, pp. 213–219.
Setyowati, Y. and Utama, A. A. G. S. (2018) ‘Digital Business Collaboration and Efficiency in Accounting Information System of Banyuwangi-Mall . Com’, International Journal of Engineering & Technology, 7(September), pp. 268–271.
Supriyanto; and Anggraini, O. (2018) ‘Penguatan Kapasitas Usaha Perikanan dalam Pengembangan E-commerce di Kabupaten Bantul’, in Proceeding of Community Development, pp. 173–179.