PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI INDIVIDU TERHADAP KINERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BAGIAN PRODUCTION PROCESS CONTROL (PPC) PT. VICTORY GARMINTEX BANDUNG

Main Article Content

Rika Solihah

Abstract

Persoalan yang sering dijadikan kajian terhadap sumber daya manusia dalam suatu organisasi adalah produktivitas kerja karyawan, Kaitannya dengan PT.Victory Garmintex Bandung, dimana perusahaan yang bersangkutan mengalami tingkat produktivitas yang selalu fluktuatif, hal ini disebabkan tingkat kerja pegawai PPC yang tidak maksimal dan Kompetensi pegawai dalam melakukan proses produksi kurang maksimal. Kondisi ini tentunya akan menghambat produktivitas kerja pegawai pada perusahaan tersebut, masalah ini akan semakin besar, jika tingkat pengetahuan dan kemampuan serta motivasi pegawai menurun.Tingkat produktivitas kerja seseorang dapat diketahui dari rasio total pekerjaan yang berhasil diselesaikan (output) dengan jumlah pekerjaan yang diterima (input). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang mengukur motivasi, kompetensi, kinerja, produktivitas karyawan, dan pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan serta mengukur pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kinerja dan implikasinya terhadap produktivitas karyawan pada bagian PPC PT.Victory Garmintex Bandung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dan verifikatif dimana metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dan metode explanatory survey. Kesimpulan dari penelitian ini dimana motivasi, kompetensi dan kinerja sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja dan hal ini merupakan modal juga aset yang tidak ternilai harganya dalam suatu organisasi, dan hal ini merupakan unsur penting dalam organisasi agar selalu eksis di dunia bisnis.


 


Kata kunci: Motivasi, Kompetensi, Kinerja, Produktivitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Solihah, R. (2019). PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI INDIVIDU TERHADAP KINERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BAGIAN PRODUCTION PROCESS CONTROL (PPC) PT. VICTORY GARMINTEX BANDUNG. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(1), 97-110. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/124
Section
Articles

References

Achmad, S. Rucky. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Achmad, S. Rucky. 2003. Kualitas Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Atmosoeprapto, Kisdarto. 2000. Produktivitas Aktualisasi Budaya Perusahaan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Boulter., et al. 2003. People and Competencies: The route to competitive advantage, alih bahasa: Bern Hidayat, Jakarta: PT. Gramedia Pusaka.
Fandy, Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Gomes. Faustino Cardoso. 2003. Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Andi.
Hersey, dan Blanchard. 1993. Management of organizational behavior - utilizing human resources. Sixth Edition. New Jersey :Prentice Hall International. Inc.
Husein, Umar. 2000. Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Ibu Nunung. Personal Interview dengan kepala bagian PPC, PT. Garmintex, Bandung, 11 April 2011.
Marihot Tua, Efendi. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai, Cetakan ketiga. Jakarta: PT Grasindo.
Moekijat. 2002. Manqiernen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Sekaran, Uma. 2000. Research, Methods for Business, A Skill — Building Approac, (Third Edition). Singapore: John Wiley & Sons, Inc.
Spencer, M.Lyle and Spencer, M. Signe. 1993. Competence at wor, models for superrior performances. John Wily & Son.inc.New York, USA.
Sudriyamunawar, Haryono. 2002. Pengantar Study Administrasi Pembangunan. Bandung: CV. Mandar Maju.
Sutermeister, Robert, A. 1976. People and Productivity. New York: McGrawHill Book Co.
Suwatno. 2007. “Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Motivasi Berprestasi serta Implikasinya terhadap Kinerja”. Disertasi Doktor pada Program Pasca Sarjana Padjadjaran: Tidak diterbitkan.