ANALISIS STRATEGI BISNIS PT. PRATIWI EKASINDO TAMA (STUDI KASUS PADA JASA LOGISTIK DAN KEPABEANAN DI JAKARTA)
Main Article Content
Abstract
Hasil SPACE matriks, yang paling cocok diaplikasikan adalah strategi diferensiasi dan focus strategy, dikarenakan pada tahun 2012 sd 2016 perusahaan memang menerapkan strategi diferensiasi namun karena terjadi penurunan omset penjualan yang berakibat juga pada penurunan pendapatan, maka manajemen perusahaan mencoba menggunakan fokus strategi, yaitu dengan fokus pada masing-masing divisi dan mencoba melakukan integrasi pada 3 divisi (Freight Forwarder, PPJK(kepabeanan), Logistik) dan saling menutupi kekurangan masing-masing divisi.QSPM Matriks, hasil analisis QSPM Matriksmenggunakan strategi diferensiasi produk jasa, otomatis konsumen akan tertarik menggunakan produk jasa PT Pratiwi Ekasindo Tama. Kombinasi dari strategi differensiasi dan fokus strategi dapat di kombinasikan pada semakin loyalitas nya konsumen PT Pratiwi Ekasindo Tama untuk tetap setia menggunakan produk jasanya
Downloads
Article Details
References
Bagong Suyanto, et.al., (Eds.), 2007. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.
Barney, Jay B. (2007). Gaining and sustaining competitive advantage, 3rd ed., New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Creswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among. Five Tradition. London: SAGE Publications
David, Fred R. 2011. Strategi Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
David, Fred R.1998. Strategic Management, Philippines: Prentice Hall.
Davidson, Kenneth. 1987. “Do megamergers make sense?”, Journal of Business Strategy, 7, no. 3, Winter, p. 45.
Fournier, Susan dan John Deighton. 1997.Consumer Behavior Exercise A – F, Harvard Business School.
Hadi S Yunus . 2010 . Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer . Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hariadi, Bambang. 2003. Strategi Manajemen. Malang: Banyumedia Publishing.
Hasan . M . Iqbal . 2004 . Analisis Data Penelitian dengan Statistik . Jakarta : Bumi Aksara.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Husaini Usman dan Purnomo, 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.
Hunger, David dan Wheelen, Thomas; 2001, Manajemen Strategis, Andi, Yogyakarta.
Kerlinger. 2006. Asas-asas penelitian Behavioral. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Kinayati,Djojosuroto& M.L.A Sumaryati.2004.Prinsip-prinsip Penelitian Bahasa dan Sastra.Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.
Moleong, Lexy.J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa, Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Nana Sudjana, et.al., 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru dan Pusat Pengajaran-Pembidangan Ilmu Lembaga Penelitian IKIP Bandung.
Noeng Muhajir. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin
Nazir, Moh, 2011 Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Pass, Christopher dan Bryan Lowes. 1997. Kamus Lengkap Bisnis, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Purnomo, Setiady Akbar dan Husaini Usman. 1996. Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara: jakarta.
Porter, Michael A. 1996. “What is strategy?”, Harvard Business Review,pp. 61-78.
Porter, Michael A.1985. Competitive Advantage: Creating and sustaining superior performance, New York: The Free Press.
Porter, Michael A. Competitive Strategy: Techniques for analyzing industries and competitors, New York: The Free Press, 1980.
Rakunti, Fredy, 2008. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Hal: 95-99.
Sugiyono. 1999. Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Penerbit CV Alfabeta : Bandung.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudaryono, Suryo Guritno dan Untung Rahardja. 2010. Theory and Application of IT Research (metodologi penelitian teknologi informasi). Penerbit CV ANDI. Jl Beo 38-40: Yogyakarta.
Surya Dharma, MPA., Ph.D, (2008) Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan : Jakarta
Suwandiyanto, M. 2010. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Online.
Umar, Husein. 1999. Riset Strategi Perusahaan, Jakarta: Gramedia.
Wheelen, Thomas L., Hunger, J. David. 2010. Strategic Management and Business Policy Achieving Sustainability. Twelfth Edition. Pearson.
Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus Desai dan Metode.. Jakarta : PT Raja Grafndo Persada
Lestari, Dwi Endah.2015. Analisis Strategi Diferensiasi Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dan Pengaruhnya TerhadapnKinerja Pemasaran. Program Pascasarjana, Magister Manajemen, Universitas Diponegoro.
Musdalifah, Eka. 2016. Strategi Bisnis PT Pos Indonesia. Jurnal Managemen Bisnis Transportasi dan Logistik. Vol 2 No.03 Mei 2016, STMT Trisaki.
Kuncoro, Engkos Achmad. 2016. Analisis Perumusan Strategi Bisnis Pada PT Samudra Nusantara. Binus Business Riview, Vol 1 Hal 169-184. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Nusantara.
Tampi, Nicky Hannry Ronaldo. 2015. Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan Dan Diferensiasi Citra Terdapat KEUNGGULAN Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada PT.Telkomsel Grapari Manado). Jurnal EMBA Vol.3 No.4 Desember 2015, Hal. 68-81. Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.
Yanti, Putu Yusli; Ketut Kirya; dan Made Ary Meitriana. 2012. Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Atau Yamaha. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.
Sukawati, Cokorda Gde Mandhara Putra; I Made Jatra. 2015. Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Upaya Membangun Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Pada Hotel The Royal Pitamaha Ubud. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 10, 2015: 3012-3044, ISSN: 2302-8912. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia
Putra, Yoan Santosa (2016). Analisis Strategi Diferensiasi Dan Aliansi Untuk Menciptakan Keungulan Bersaing Dalam Menghadapi Pasar Global (Studi Pada Usaha Konveksi Jeans Merek Never Get Old Company di Kota Malang).Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.