PENGARUH BAURAN PEMASARAN HIJAU (GREEN MARKETING MIX), KEPUTUSAN MEMBELI DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA LAMPU LED PHILIPS)

Main Article Content

Anif Sofyan
Triasesiarta Nur
Edi Wahyu Wibowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh bauran pemasaran hijau (green marketing mix), keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada lampu LED Philips. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada individu yang pernah melakukan lampu LED Philips minimal 1 kali, dan data yang berhasil dikumpulkankan akan dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling – WarpPLS 3.0. Berdasarkan 215 sampel yang berhasil dikumpulkan dan diuji, hasil menunjukan bahwa, Green Marketing Mix terbukti memiliki pengaruh positif dengan Keputusan Pembelian begitu pula hasil dari pengaruh variable antara Green Marketing Mix dan Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian dan Loyalitas, serta Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas pada Lampu LED Philips.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sofyan, A., Nur, T., & Wibowo, E. (2021). PENGARUH BAURAN PEMASARAN HIJAU (GREEN MARKETING MIX), KEPUTUSAN MEMBELI DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA LAMPU LED PHILIPS). JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 4(1), 56-67. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/567
Section
Articles

References

Philips Kotler dan K.L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, Erlangga, Jakarta, 2009.

Philips Kotler dan Gary Amstrong (2012). Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1, Erlangga, Jakarta, 2012.

Lovelock, Christoper dan Jochen Wirtz (2011). Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7, Erlangga, Jakarta, 2011.

Ramanakumar, K.P.V., Manojkrishnan, C.G, & Suma, S. R. (2012). Consumer Attitude Towards Green Products of
FMCG Sector: An Empirical Study. International Journal of Research In Commerce & Management, Vol 3 (2)

Waskito, Jati dan Sujadi (2014). Model Meningkatkan Niat Pembelian Konsumen Pada Produk Ramah
Lingkungan. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Philips Kotler, (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13, Erlangga, Jakarta, 2009.

Al - Bakri Thamer Yasser and Al – Nouri, Ahmad Nizar (2007). Green Marketing. Al Yazuri Scientific for Publishing and Distribution.

Schiffman, L.G. dan Leslie Kanuk (2010). Perilaku Konsumen Edisi 7. PT. Indeks. Jakarta, 2010.

Kazi Omar Sidiqi, Interrelation Between Service Quality Atributes, Customer Satisfaction and Customer Loyalty in The Retail Banking Sector in Bangladesh, International Journal of Business and management, Vol 6, No. 3, ISSN 1833 – 3850, 2011.

Krishna Naik, 2010. Service Quality (Servqual) and its Effect on Customer Satisfaction in Retailing. Europan Journal of Social – Science Vol. 16, No. 2

Fadilatul Silvia, Achmad Fauzi D. H, dan Andriani Kusumawati, 2014. “Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsultan Independen di Oriflame Cabang Surabaya)”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 14, No.1.

Suri Amilia dan Ayu Novianti, 2016. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Kanasha di Kota Langsa”, Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol. 5, No. 1.

Giardo Permadi Putra, Zainul Arifin, dan Sunarti, 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus)”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 48, No.1.

Budi Susdiarto, Adi Eko Priyono, dan Endang Swastuti, 2013. “ Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi Pada Pt.Pertani (Persero) Cabang Pekalongan”, Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1 No. 2.

Sofian Assauri, 2012. “Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Value”. Jakarta, PT. Rajagafindo Persada.

Heris Hermawan, 2015. “Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan, kepuasan dan loyalitas konsumen dalam pembelian roti ceria di Jember”, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol. 1, No. 2.

Friska Lovia M Panjaitan, 2014. “Pengaruh green marketing terhadap minta beli konsumen (Studi : cluster whelford di bumi serpong damai)”, Skripsi Program Studi Administrasi Negara, Fisip UI.

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis, Bandung, CV Alfabeta.

Mahfud Solihin dan Dwi Ratmono, 2013 “Analisis SEM – PLS dengan WarpPLS 3.0 untuk Hubungan Non Linear dalam Penelitian Sosial dan Bisnis”, Yogyakarta, CV Andi.

Setyo Hari Wijayanto, 2008. “Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8 Konsep dan Tutorial”, Yogyakarta, Graha Ilmu

Sofyan Yamin dan Heri Kurniawan, 2009. Structural Equation Modeling. Jakarta: Salemba Empat.
Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ottman, J. A, 2006, “Avoiding Green Marketing Myopia : Ways To Improve Consumer Appeal For Environmentally Preferable Product”. Journal of Environmentally Marketing, 48.

Witha Dainy Sulistio, 2015, “Pengaruh Strategi Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Lampu Philips LED”. Universitas Telkom

Masrurul, Bambang dan Handriyono, 2016. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembeliandan Kepuasan Serta Loyalitas Petambak Udang Intensif Kawasan Tapal Kuda Jawa Timur”. Manajemen Pemasaran, Magister Manajemen, Universitas Jember

Rina, Achmad, Wilopo, 2016, “Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Citra Merek Hijau Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 33 No. 1

Arseculeratne, Dinuk and Yazdanifard Rashad, 2014. “How Green Marketing Can Create A Sustainable Competitive Advantage for A Business”. International Business Research, Vol. 7, No. 1, pp 130-137.

Gitosudarmo, Indriyo. 2012. “Manajemen Pemasaran”. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Shinta dan Afriyani, 2015. “Pengaruh Green Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Kosmetik Merek The Body Shop (Studi pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Bisnis di Politeknik Negeri Batam yang Menggunakan Produk Kosmetik Merek The Body Shop)”. Jurnal Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis, Vol 3 No.2 2015, 120 – 127

Yunidyawati, M. Suwandi, Fauzi, 2018. “Pengaruh Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Merek Indomie”. Managerial – Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, Vol 1, No.1

Dr. Orvin Lucy Ondity, 2016. “Green Marketing and Consumer Satisfaction”. Journal of Marketing and Consumer Research ISSN 2422-8451 An International Peer-reviewed Journal Vol.29

Budiharto, A., Nur, T., Mukti, A., & Purba, A. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN CITRA PERUSAHAAN (CORPORATE IIMAGE) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI EMPIRIS PADA PT. TRANSJAKARTAKORIDOR XI JURUSAN KAMPUNG MELAYU-PULO GEBANG). JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 1-10. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/549

Nurzullah, E., Nur, T., Mukti, A., & Purba, A. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BAURAN PEMASARAN, TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK PT. ABC. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 11-19. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/548

Wahyudi, I., Mukti, A., & Purba, A. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KOMPARASI SMARTPHONE SAMSUNG DAN IPHONE APPLE DI KECAMATAN SELAT, PROVINSI BALI). JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 29-37. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/551

Pakpahan, A., Mukti, A., & Purba, A. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT MEREFERENSIKAN. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 38-49. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/552

Permono, H., Lutfi, A., & Veronika, S. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA BUKU PELAJARAN PENERBIT ERLANGGA. (STUDY KASUS PADA PENGGUNA BUKU PELAJARAN DI SMA AREA JAKARTA SELATAN). JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 3(1), 1-9. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/553

Rahman, Y., Lutfi, A., & Adiawaty, S. (2020). PENGARUH KOMPETENSI INSTRUKTUR YOGA, MOTIVASI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Studio Yoga di Jakarta). JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 3(1), 33-45. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/556