https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/issue/feedJurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer2025-06-12T03:29:46+00:00Nanang Hnangryo@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal yang berfokus dibidang Informasi, Teknologi, dan hal keilmuan yang terkait, dengan scope Komputer sains & IT, Pengambilan keputusan, Riset operasi & Manajemen, Electrical Engineering, dan Edukasi.</p>https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/948Rancang Bangun Aplikasi Proses Pembuahan Sel Telur dengan Virtual Reality 3D Berbasis Android2025-05-31T03:15:07+00:00Dian Gustinadgus4006@gmail.comYudi Irawan Chandrayirawanc@gmail.comRino Yulendri Setiawanrino.ys@upi-yai.ac.id<p>Technological development in the field of reproductive medicine continues to grow rapidly, including in the process of egg fertilization. One promising approach is the use of 3D Virtual Reality (VR) technology to visualize this process interactively. This research aims to design and build an Android-based application that uses 3D VR technology to realistically visualize the process of egg fertilization. The development method used is the agile model, which allows developers to adapt to changes and user feedback efficiently. The development team engaged in an iterative development cycle, which included planning, analysis, design, implementation and testing. This model allows the app to evolve iteratively, with a focus on providing added value to users at each iteration. The resulting application utilizes 3D VR technology to create an immersive visual experience for users. They can see firsthand the process of fertilizing an egg on a microscopic scale, with details that include the interaction between the sperm cell and the egg. Additional features such as interactive controls and audio narration provide users with a thorough and engaging learning experience. Initial testing results show that this app has great potential in supporting education and understanding of the human reproductive process. User response to the 3D VR experience was very positive, with many users finding it a useful and engaging tool. Further development and feature enhancements can be made based on feedback from users, so that the app can continue to grow and increase its impact in the field of reproductive medicine<em>.</em></p>2025-05-30T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/949Perbandingan Algoritma K-Means dan Fuzzy C-Means untuk Klasterisasi Produktivitas Kedelai di Pulau Jawa2025-05-31T03:16:54+00:00Jefri Jayajefri.535210048@stu.untar.ac.idTeny Handhayanitenyh@fti.untar.ac.id<p>Kedelai merupakan tanaman pangan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan merupakan salah satu bahan pangan yang sering di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meskipun memiliki potensi besar dalam mendukung ketahanan pangan nasional, Indonesia masih menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan kedelai secara mandiri. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan produksi lokal yang belum mampu mengimbangi tingginya permintaan masyarakat. Akibatnya, Indonesia masih bergantung pada impor kedelai dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan domestik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan informasi berupa pengelompokkan wilayah, menganalisis pola tren pertumbuhan, dan menentukan model klasterisasi yang paling optimal dari K-Means dan Fuzzy C-Means dengan menggunakan data tanaman pangan Kedelai di Pulau Jawa. Data yang digunakan berupa <em>time series</em> tahunan dari tahun 2010 hingga 2022, yang diperoleh dari situs Basis Data Statistik Pertanian. Hasil evaluasi <em>silhouette</em> dari metode K-Means dan Fuzzy C-Means memiliki hasil yang serupa dalam menentukan klasterisasi data berdasarkan nilai <em>k</em> yang paling optimal berada di 0.4659 dengan jumlah klaster <em>k</em> = 2. Tiap klaster terbagi menjadi 2 klaster, klaster 0 memiliki 66 wilayah dengan hasil produktivitas rendah, klaster 1 memiliki 16 wilayah dengan hasil produktivitas tinggi.</p>2025-05-30T15:08:51+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/959Perancangan Situs Administrasi Pendaftaran Anggota dan Kegiatan dengan Metode Jaringan Unicast2025-05-30T15:11:59+00:00Cipto Wirawan21412685_cipto_w@widyadharma.ac.idTony Darmantotony.darmanto@yahoo.comThommy Willaytwillay@widyadharma.ac.id<p>Penggunaan teknologi berbasis web dan arsitektur microservices sebagai sarana komunikasi data telah menjadi kebutuhan yang sangat krusial dalam pengembangan sistem informasi modern. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini, organisasi dapat mengolah dan mengirimkan data secara efisien dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem informasi yang mampu menyampaikan data registrasi serta pembayaran keanggotaan secara cepat, tepat dan terstruktur dengan metode unicast untuk menunjang kebutuhan operasional Lions Clubs Multiple District 307 (LC MD 307) dalam pengelolaan data anggota serta pembayaran iuran keanggotaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa data keanggotaan yang dikirimkan baik dari modul registrasi menuju modul pembayaran maupun sebaliknya dapat diterima dan diproses dengan baik menggunakan Apache Kafka sebagai message broker, yang memungkinkan komunikasi komunikasi antar modul yang handal dengan prinsip metode publish-subscribe. Sistem dibangun menggunakan Framework Laravel dengan arsitektur microservices yang memungkinkan manajemen data anggota secara digital dan terintegrasi, otomatisasi verifikasi pembayaran iuran keanggotaan, registrasi peserta kegiatan, serta pelaporan dalam operasional organisasi seperti: data keanggotaan, daftar registrasi serta kehadiran peserta kegiatan secara lebih akurat.</p>2025-05-30T15:11:59+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/962Transformasi Digital dalam Manajemen Operasional pada Perusahaan XYZ2025-05-30T15:13:43+00:00Essy Malays Sari Saktiemalays67@gmail.comHarry Rendraharryrendra@gmail.comMarnis Marnismarnisangrek@gmail.com<p><strong> Transformasi digital telah menjadi faktor kunci dalam meningkatkan efisiensi dan daya saing perusahaan di era industri saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana transformasi digital dilakukan di Perusahaan XYZ, tantangan yang dihadapi, serta dampaknya terhadap kinerja operasional perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer yang dikumpul melalui wawancara mendalam dan observasi, sedangkan data sekunder didapat dari literatur terkait transformasi digital dan dokumentasi dari laporan operasional sebelum dan sesudah transformasi digital, SOP, data pelatihan proses digitalisasi. Validitas data dilakukan dengan Triangulasi sumber yaitu membandingkan informasi dari wawancara, observasi, dokumentasi dan Member checking dilakukan untuk memastikan hasil wawancara sesuai dengan persepsi responden. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan berdasarkan wawancara yang telah dilakukan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Transformasi digital di Perusahaan XYZ berjalan sukses dengan implementasi teknologi seperti ERP, otomatisasi produksi, dan cloud computing, Tantangan utama yang dihadapi adalah resistensi karyawan, integrasi sistem lama, serta stabilitas jaringan internet. Strategi perusahaan yang efektif meliputi pelatihan intensif, keterlibatan karyawan dalam keputusan teknologi, dan kerja sama dengan mitra teknologi. Dampak positif transformasi digital mencakup peningkatan efisiensi operasional sebesar 25%, pengurangan biaya 15%, serta perbaikan layanan pelanggan. Pelajaran penting dari pengalaman ini adalah bahwa transformasi digital tidak hanya soal teknologi, tetapi juga perubahan pola pikir dan budaya kerja di seluruh organisasi.</strong></p>2025-05-30T15:13:42+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/963Perancangan Aplikasi Absensi Berbasis Dekstop pada PT.Pancatiara Sentrausaha2025-05-31T10:17:55+00:00Sulaiman Ahmadsulaiman.150700@gmail.comV.H. Valentinov.h.valentino.na70@gmail.comRudi Prasetyarudiprasetya1@gmail.com<p>Perkembangan teknologi sekarang sudah mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Teknologi bertambah canggih dan kompleks, seiring hal tersebut manusia sebagai makhluk hidup yang menikmati teknologi tanpa lelah harus memperbaiki dan memperbaharui teknologi agar sesuai dengan kebutuhan manusia yang diharapkan yaitu untuk mempermudah aktivitas manusia setiap harinya. Salah satu bentuk perkembangan teknologi maju adalah komputer. Dengan menggunakan komputer, seharusnya sudah tidak perlu lagi menghitung dan menganalisa data secara manual, selain itu data atau informasi yang diperoleh dari komputer lebih cepat dan akurat. Karena “PT.Pancatiara Sentrausaha” masih belum menikmati teknologi yang kian banyak, di mana menggunakan sistem yang manual untuk melayani masyarakat dan tidak efisien. Sebagai contoh proses.</p>2025-05-30T15:15:45+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/966Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Menggunakan Model DevOps Berbasis Web2025-05-31T03:36:20+00:00Desy Dianadesidiana2208@gmail.comMunich Heindari Ekasarimunich.heindari@gmail.comYudi Irawan Chandrayirawanc@gmail.com<p>Perkembangan teknologi informasi telah mendorong pelaku usaha untuk beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital, salah satunya melalui penerapan sistem e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi e-commerce berbasis web untuk Toko Furniture Sahabat Wood Jakarta dengan mengadopsi pendekatan DevOps guna meningkatkan efektivitas pengembangan perangkat lunak dan optimalisasi layanan. Pendekatan DevOps dipilih karena mampu mengintegrasikan proses pengembangan (development) dan operasional (operations) secara berkesinambungan sehingga mempercepat siklus rilis serta meningkatkan kualitas aplikasi. Tahapan dalam penelitian ini mencakup analisis kebutuhan sistem, perancangan antarmuka pengguna, implementasi fungsionalitas e-commerce seperti katalog produk, fitur keranjang belanja, sistem pemesanan, dan pembayaran, hingga proses deployment berkelanjutan. Tools DevOps seperti Git, Docker, Jenkins, dan Nginx digunakan untuk mengelola versi, mengotomatisasi integrasi dan pengujian, serta penerapan aplikasi ke server produksi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi mampu berjalan secara stabil dengan respon cepat dalam memproses transaksi pengguna. Selain itu, proses pengembangan dan pemeliharaan sistem menjadi lebih efisien dengan adanya pipeline otomatis yang meminimalisir kesalahan manusia. Dengan penerapan model DevOps, Toko Furniture Sahabat Wood Jakarta memperoleh platform digital yang andal dan adaptif terhadap perubahan kebutuhan pasar. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi dalam pengembangan aplikasi e-commerce serupa, khususnya bagi pelaku UMKM yang ingin bertransformasi secara digital melalui pendekatan yang efisien dan terstruktur.</p>2025-05-30T16:33:46+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/968Pengembangan Sistem Penjualan Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Spiral Model (Studi Kasus: Toko Kue Waffelicious)2025-05-30T16:36:21+00:00Yudi Irawan Chandrayirawanc@gmail.comSutarno Sutarnop4kt4rn0@gmail.comSaepul Lukmanfulman2012@gmail.com<p>Transformasi digital di sektor usaha kecil dan menengah (UKM) mendorong perlunya adopsi teknologi informasi guna meningkatkan efisiensi dan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penjualan berbasis web dengan menerapkan pendekatan Spiral Model pada studi kasus Toko Kue Waffelicious. Toko ini sebelumnya mengandalkan metode penjualan konvensional, yang dinilai kurang efektif dalam menjangkau pelanggan secara luas. Spiral Model dipilih karena keunggulannya dalam mengelola risiko dan fleksibilitasnya dalam mengakomodasi perubahan selama proses pengembangan. Tahapan pengembangan dimulai dari identifikasi kebutuhan, perencanaan, desain, implementasi, hingga evaluasi secara iteratif pada setiap siklus. Hasil dari penelitian ini berupa sistem penjualan daring yang mencakup fitur manajemen produk, pemesanan, pembayaran, serta laporan penjualan yang terintegrasi. Sistem diuji menggunakan metode black box testing dan pengujian pengguna (user acceptance test) untuk memastikan fungsionalitas dan kemudahan penggunaan. Evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun mampu meningkatkan efisiensi proses transaksi, mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan, serta membantu pemilik usaha dalam mengelola data penjualan secara real-time. Dengan adanya sistem ini, Toko Kue Waffelicious dapat memperluas jangkauan pasarnya serta meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Penelitian ini juga memberikan gambaran bahwa pendekatan Spiral Model cocok digunakan dalam pengembangan sistem informasi untuk UKM yang memerlukan pengembangan bertahap dan fleksibel terhadap perubahan kebutuhan pengguna.</p>2025-05-30T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/969Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Melalui Penilaian Administrasi Pembelajaran dengan Metode TOPSIS2025-05-30T16:40:42+00:00Masud Hermansyahmasudhermansyah@gmail.comAkas Bagus Setiawanakasbagus_s@polije.ac.idMujiono Mujionomujiono@polije.ac.idDavid Juli Ariyadidavid_juli@polije.ac.idM. Faiz Firdausifaizfirdausi@itsm.ac.id<p>The process of selecting the most outstanding teachers is an important part of efforts to improve the quality of education in schools. At SMAS Sultan Agung Puger, teacher assessments have so far been subjective and have not used a structured system. Thus, this study aims to design and develop a Decision Support System (DSS) to assist the process of selecting the best teachers based on the evaluation criteria for learning administration that have been set by the school. The method used in this study is the Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), because this method is able to provide objective ranking results oriented towards the level of similarity to the ideal solution. TOPSIS has the advantage of calculating the positive and negative values of each alternative simultaneously. The results of the system implementation show that the teacher with alternative A4 obtained the highest preference value of 1, so he was selected as the best teacher. This system has succeeded in helping to provide more transparent, systematic, and objective evaluation results. Thus, the system built using the TOPSIS method has proven effective in supporting the decision-making process for selecting the best teachers based on learning administration data.</p>2025-05-30T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/971Deteksi Anomali dalam Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan Teknik Supervised Machine Learning2025-05-30T16:43:00+00:00Mujiono Mujionomujiono@polije.ac.idDevita Ayu Larasati760017003@mail.unej.ac.idMas'ud Hemansyahmasud_hermansyah@polije.ac.idFatimatuzzahra Fatimatuzzahrafatimatuzzahra@polije.ac.id<p style="font-weight: 400;">Seiring dengan meningkatnya kompleksitas serta frekuensi serangan siber, kebutuhan akan sistem deteksi anomali yang akurat dan andal dalam lingkungan jaringan komputer menjadi semakin penting. Penelitian ini mengusulkan pendekatan supervised machine learning dengan algoritma Random Forest untuk mendeteksi aktivitas anomali dalam jaringan. Dataset CICIDS2017 digunakan sebagai landasan pelatihan dan pengujian, karena mencerminkan karakteristik lalu lintas jaringan aktual dan mencakup beragam jenis serangan siber. Tahapan dalam penelitian ini meliputi proses prapemrosesan data, seleksi fitur, pelatihan model, serta evaluasi kinerja menggunakan metrik standar seperti akurasi, presisi, recall, dan F1-score. Hasil pengujian menunjukkan bahwa model Random Forest berhasil mencapai tingkat akurasi sebesar 99,8%, dengan nilai presisi dan recall yang tinggi, yang mencerminkan efektivitas model dalam membedakan antara lalu lintas normal dan anomali. Penelitian ini mengindikasikan bahwa algoritma Random Forest memiliki potensi yang signifikan untuk diterapkan dalam sistem deteksi intrusi secara real-time. Selain itu, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan solusi keamanan jaringan yang berbasis kecerdasan buatan yang adaptif, efisien, dan skalabel.</p>2025-05-30T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/975Rancang Bangun Sistem Informasi Pembayaran SPP pada Mi. Al-Muhajirin Jakarta2025-06-12T03:29:46+00:00Ratih Wahyuningrumratihzulfi02@gmail.comDien Nuraini Haryonodiennuraini26@gmail.com<p>Sistem pembayaran SPP pada MI Al-Muhajirin saat ini masih menggunakan cara manual yaitu dengan mencatat pada kartu pembayaran dan kemudian data pembayaran dicatat dan direkap pada buku besar. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan data dan memakan waktu yang lama untuk mencari data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu mempermudah pegawai TU MI Al-Muhajirin Jakarta dalam mengelola data pembayaran SPP yang masih manual. Pemanfaatan TI dalam sistem informasi, pengeloaan data pembayaran dapat membantu pegawai TU dalam pengelolaan data pembayaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode <em>field research </em>(penelitian lapangan), sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode <em>waterfall</em>. Metode <em>waterfall</em> memiliki beberapa tahapan yaitu analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. Sistem informasi pembayaran SPP berbasis web ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pembayaran SPP berbasis <em>web</em>. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi efisiensi dalam proses pembayaran, serta memberikan kemudahan bagi pihak sekolah dalam pengelolaan data pembayaran.</p>2025-05-30T15:22:03+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/976Rancang Bangun Tempat Sampah Pemilah Otomatis Berbasis Arduino menggunakan Sensor Proximity2025-05-30T16:47:28+00:00Ratih Wahyuningrumratihzulfi02@gmail.comVernando Tobingvernandotobing1@gmail.com<p>Permasalahan sampah di lingkungan HKBP Ressort Sutoyo, khususnya dalam pemilahan antara sampah logam dan non-logam, memerlukan solusi inovatif yang mendukung pengelolaan sampah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem tempat sampah dengan pemilah otomatis berbasis mikrokontroler Arduino. Sistem ini menggunakan sensor proximity untuk mendeteksi kandungan logam dan sensor infrared untuk mendeteksi keberadaan objek secara umum, serta motor servo untuk menggerakkan mekanisme pemilah berdasarkan hasil deteksi sensor. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>field research</em> dan model pengembangan sistem Waterfall, yang meliputi tahapan <em>requirement analysis</em>, <em>system design</em>, <em>assembly</em>, <em>testing</em>, <em>deployment and maintenance</em>. Perangkat keras yang digunakan meliputi Arduino Uno, sensor proximity, sensor infrared, dan motor servo, sementara perangkat lunak yang digunakan adalah Arduino IDE untuk pemrograman sistem. Hasil penelitian ini adalah sebuah tempat sampah dengan sistem pemilah otomatis yang mampu memilah sampah logam dan non-logam secara akurat dan efisien. Sistem ini dapat diimplementasikan sebagai solusi pendukung dalam pengelolaan sampah yang ramah lingkungan di lingkungan gereja HKBP Ressort Sutoyo.</p>2025-05-30T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/977Kepercayaan sebagai Kunci Keputusan Pembelian: Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kemudahan Penggunaan pada Layanan Kesehatan Digital Halodoc2025-05-30T16:48:40+00:00Novan Yurinderayurindera@gmail.com<p>Transformasi layanan kesehatan digital seperti Halodoc telah mengubah perilaku konsumen dalam melakukan pembelian jasa kesehatan secara daring. Namun, pengaruh kualitas pelayanan dan kemudahan penggunaan terhadap kepercayaan konsumen serta dampaknya terhadap keputusan pembelian masih belum sepenuhnya dipahami, terutama dalam konteks layanan kesehatan digital di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif-kausal. Sampel sebanyak 150 responden pengguna Halodoc diambil dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan alat bantu SmartPLS. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya melalui analisis outer dan inner model. Kualitas pelayanan terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen (t = 6,175; p < 0,05) dan keputusan pembelian (t = 5,946; p < 0,05), serta secara tidak langsung melalui kepercayaan konsumen (t = 2,110; p < 0,05). Kepercayaan konsumen juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t = 2,479; p < 0,05). Sebaliknya, kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen (t = 0,531; p > 0,05) maupun keputusan pembelian (t = 0,075; p > 0,05), baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepercayaan konsumen (t = 0,642; p > 0,05). Hasil ini menunjukkan pentingnya kualitas pelayanan dalam membangun kepercayaan konsumen dan mendorong keputusan pembelian. Temuan ini juga menunjukkan bahwa meskipun kemudahan penggunaan merupakan fitur dasar aplikasi, namun tidak cukup kuat untuk mendorong pembelian tanpa didukung oleh kepercayaan dan kualitas layanan. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya model perilaku konsumen digital, khususnya dalam sektor layanan kesehatan berbasis aplikasi.</p>2025-05-30T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/950Implementasi Sistem Pemantauan Lokasi Kendaraan Secara Real Time Dengan Perangkat GPS2025-06-01T02:40:17+00:00Karno Diantorokarnodiantoro@gmail.com<p> Implementasi sistem pemantau GPS (<em>Global Positioning System</em>) untuk memantau kendaraan yang sedang beroperasi. Tujuan utamanya adalah meningkatkan efisiensi dan keamanan aset perusahaan. Sistem yang digunakan melacak lokasi secara real-time melalui perangkat GPS yang dipasang pada kendaraan dengan menggunakan tekno;ogi IoT (<em>Internet of Things)</em>. Jaringan seluler digunakan untuk mengirimkan informasi lokasi ke server pusat. Administrasi dapat mengakses data melalui aplikasi mobile dan berbasis web. Metodologi penelitian termasuk perancangan sistem, pembuatan aplikasi pemantauan, penerapan perangkat pada kendaraan, dan pengujian sistem secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pelacak GPS meningkatkan visibilitas pergerakan kendaraan, membantu mengoptimalkan rute, dan membantu mendeteksi penyalahgunaan aset dengan cepat. Sejauh ini, sistem ini berfungsi dengan baik untuk membantu orang membuat keputusan tentang bagaimana mengelola armada kendaraan operasional.</p>2025-05-30T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##