Analisis Efektifitas Tayangan Televisi Terhadap Persepsi Pemirsa Pada Program Kabar Dunia Pt. Lativi Media Karya (Tvone)

  • Heru Sudinta
  • Iwan Irwansyah
  • Ecep Suwardani Yasa
Keywords: Televisi, Persepsi, Pemirsa, Tayangan, Program

Abstract

TvOne merupakan salah satu stasiun televisi swasta nasional yang terus berkembang sejak berdiri tahun 2008. Bahkan identitas tvOne di segmen televisi berita ternyata mampu menjadi ancaman bagi televisi para pendahulunya. Sebagai industri yang hidup dari jumlah pemasang iklan, tvOne dituntut untuk menyajikan Tayangan televisi berkualitas dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. TvOne sendiri telah memperluas jangkauan siarannya yang meliputi 120 kota di Indonesia melalui 19 stasiun pemancar dengan populasi lebih dari 110 juta pemirsa, yang mewakili 72 % dari total pemirsa di Indonesia. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda menggunakan SPSS 13 for window, dengan variabel bebas 3P produk, people dan proces. Sementara yang menjadi variabel terikat adalah persepsi permirasa pada program Kabar Dunia. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah menonton atau pernah menyaksikan program Kabar Dunia, dengan jumlah sampel sebanyak 135 responden. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposif sampling dan snowball sampling dengan teknik pengumpulan data melalui data pengisian kuesioner pada 5 skala berisi 45 pertanyaan sebagai pengembangan dari Produk berupa kontent berita, People berupa pembawa acara dan Proses berupa penyajian Tayangan televisi berita. Hasil uji statistik menunjukan bahwa Produk dan People berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi pemirsa program Kabar Dunia, Sementara Proses tidak berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi pemirsa program Kabar Dunia. Urutan tingkat signifikansi masing- masing variabel terhadap persepsi pemirsa pada program Kabar Dunia adalah, Produk, People, dan process.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-16
How to Cite
Sudinta, H., Irwansyah, I., & Yasa, E. (2022). Analisis Efektifitas Tayangan Televisi Terhadap Persepsi Pemirsa Pada Program Kabar Dunia Pt. Lativi Media Karya (Tvone). Jurnal Komunikasi Esensi Daruna, 1(1), 67-76. https://doi.org/10.55886/daruna.v1i1.529