Gaya Penyampaian Pesan Politik Najwa Shihab Dalam Acara Mata Najwa Trans7 Dikanal Youtube

  • Bambang Wijanarko ARS University
  • Rita Herlina ARS Universtity
Keywords: Gaya Komunikasi, Verbal, Non Verbal, Najwa Shihab

Abstract

Penelitian ini berisi gaya komunikasi Najwa Shihab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gaya komunikasi Najwa Shihab secara verbal maupun non verbal. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui, analisis mendalam terhadap dua video Mata Najwa dengan melihat komunikasi verbal dan non verbal yang merujuk pada gaya komunikasi di kedua video yang diteliti kemudian menarik kesimpulan kecenderungan gaya komunikasi yang digunakan oleh Najwa Shihab serta mencari data dari berbagai tulisan artikel, buku-buku dan internet. Perbedaan gaya komunikasi yang di gunakan oleh Najwa Shihab pada video yang diteliti dikarenakan perbedaan komunikan yang dihadapi sehingga ia menyesuaikan dengan kondisi yang ada.Sesuai teori yang digunakan yaitu teori persentasi diri oleh Ervin Goffman dimana teori ini mengacu pada keinginan untuk menunjukkan image seseorang yang diinginkan baik kepada khalayak pribadi maupun umum.

This study contains Najwa Shihab's communication style. The purpose of this study was to identify and analyze Najwa Shihab's verbal and non-verbal communication style. The data in this study were obtained through an in-depth analysis of the two videos of Mata Najwa by looking at verbal and non-verbal communication which refers to the communication style in the two videos studied and then drawing conclusions about the tendency of the communication style used by Najwa Shihab and looking for data from various articles, books and the internet. The difference in the communication style used by Najwa Shihab in the video under study is due to the differences in the communicant faced so that he adapts to the existing conditions. According to the theory used, the theory of self-presentation by Ervin Goffman where this theory refers to the desire to show the image of someone who is desired both to private and public audiences.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-13
How to Cite
Wijanarko, B., & Herlina, R. (2023). Gaya Penyampaian Pesan Politik Najwa Shihab Dalam Acara Mata Najwa Trans7 Dikanal Youtube. Jurnal Komunikasi Esensi Daruna, 2(2), 75-79. https://doi.org/10.55886/daruna.v2i2.769