Pengaruh Penggunaan Media Sosial Di Instagram Terhadap Citra Merek Vanilla Hijab Bagi Followers Akun Instagram @vanillahijab

  • Aulia Hasanah Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Social Media Usage, Brand Image

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media sosial di Instagram terhadap citra merek Vanilla Hijab bagi followers akun instagram @vanillahijab terhadap citra merek. Penelitian ini menggunakan Teori Persepsi  dari Deddy Mulyana  sebagai Grand Theory dan Applied Theory yang digunakan  berdasarkan pernyataan dari Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei eksplanatif yang bersifat asosiatif. Dari jumlah populasi sebesar 2.4 juta followers, dengan menggunakan rumus Yamane, presisi 10%, didapatkan jumlah sampel sebesar 100 orang sampel yang akan menjadi responden penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh terhadap citra merek berdasarkan hasil uji hipotesis dengan membandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel, yaitu nilai t-hitung (34.653) > t-tabel (1.290). Di sisi lain, hail uji korelasi menunjukkan bahwa rhitung > rtabel = 0,924 > 0.1654. Hasil analisis tersebut menjelaskan bahwa penggunaan media sosial dan citra merek menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat.  Adapun nilai koefisien regresi sebesar 0.836, berarti setiap kali ada aktivitas penggunaan media sosial, maka citra merek akan meningkat sebesar 0.836. Nilai uji determinasi sebesar 85.9%, yang berarti bahwa penggunaan media sosial memiliki kontribusi sebesar 85.9% terhadap citra merek dan sisanya 14.1% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

The purpose of the study is to get information is there any impact of  social media usage with Instagram through brand image of  Vanilla Hijab for followers @vanillahijab . The study uses Perception Theory  by Deddy Mulyana, as Grand Theory and Applied Theory by Philip Kotler and Kevin Lane Keller. The study uses quantitative method with explanation and associative approach and based on Yamane Formula with 10% precision, the study has 100 samples, all the samples are the instagram’s followers of @vanillahijab.  This study uses nonprobability sampling with purposive sampling’s  approach. The results show that social media usage have an impact on brand image based on the results of hypothesis testing that compare between t-value with t-table. The hypothesis testing shows that t-value (34.653) > t-table (1.290). Furthermore, the correlation test result is 0,924 > 0.1654, can be explained that social media usage and brand image have very strong correlation. The regression coefficient  result is 0.836, has the meaning that every one time of social media usage applied, so brand image score will increase 0.836 point. From the determination test, has 85.9%, and the meaning is social media usage  gives 85.9% contribution toward brand image and the rests, 14.1%  influenced by others factors.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-13
How to Cite
Hasanah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Di Instagram Terhadap Citra Merek Vanilla Hijab Bagi Followers Akun Instagram @vanillahijab. Jurnal Komunikasi Esensi Daruna, 2(2), 68-74. https://doi.org/10.55886/daruna.v2i2.783