Strategi Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Saat Pandemi Covid-19

  • Helmi Azahari Institut Bisnis Nusantara
  • Endah Fantini Institut STIAMI Jakarta
  • Budi Santoso Kementerian Perdagangan RI
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Dua Arah, Kendala Administrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal untuk meningkatkan kinerja karyawan pada saat pandemic Covid-19. Penelitian dilakukan di PT Bumindo Ganesha Lalolo Jakarta. Permasalahannya, komunikasi secara langsung jarang terjadi, perintah kerja sering disampaikan melalui pesan Whatsapp dan memo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil survei menunjukkan proses komunikasi interpersonal di PT Bumindo Ganesha Lalolo Jakarta guna meningkatkan kinerja karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan komunikasi dua arah dan pemimpin menampung aspirasi karyawan. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya waktu untuk menyampaikan aspirasi atau berkomunikasi dengan pimpinan disebabkan oleh kesibukan administrasi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dengan mengatur waktu berdialog atau berdiskusi dengan pimpinan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-22
How to Cite
Azahari, H., Fantini, E., & Santoso, B. (2023). Strategi Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Esensi Daruna, 2(3), 130-134. https://doi.org/10.55886/daruna.v2i3.825