Strategi Komunikasi Customer Service PT Sarana Berkah Niaga Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Kepada Mitra Sabana Fried Chicken

  • Helmi Azahari Institut Bisnis Nusantara
  • Endah Fantini Institut STIAMI
  • Nayla Hasna Institut STIAMI
Keywords: Strategi Komunikasi, Pelayanan Terbaik, Kepuasan Pelanggan, Communication Strategy, Service excellent, Customer Satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh customer service PT Sarana Berkah Niaga untuk meningkatkan pelayanan prima kepada mitra Sabana Fried Chicken. Penelitian ini dilakukan untuk untuk menemukan fenomena pernyataan negatif tentang kinerja layanan pelanggan yang kurang responsif di beberapa postingan Instagram @Sabanaku. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi partisipan, tinjauan pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh bagian pelayanan pelanggan PT Sarana Berkah Niaga mengutamakan kebutuhan mitra dan bertujuan untuk memaksimalkan berbagai aspek. Strategi ini berfokus pada membangun hubungan yang kuat dengan mitra dengan bersikap terbuka dalam memberi dan menerima informasi, menunjukkan empati, memberikan dukungan baik verbal maupun non-verbal, menjaga sikap positif, dan menawarkan layanan yang setara. Selan itu, ada beberapa aspek lain yang diperhatikan, yaitu fasilitas fisik, daya tanggap, dan kemampuan pemecahan masalah yang masih perlu ditingkatkan lagi.

This research aims to determine the communication strategies implemented by PT Sarana Berkah Niaga's customer service to improve excellent service to Sabana Fried Chicken partners. This research was conducted to find the phenomenon of negative statements about less responsive customer service performance in several @Sabanaku Instagram posts. Data collection techniques used in this research include interviews, participant observation, literature review, and documentation. The research results show that the communication strategy implemented by the customer service department of PT Sarana Berkah Niaga prioritizes partner needs and aims to maximize various aspects. This strategy focuses on building solid relationships with partners by being open in giving and receiving information, showing empathy, providing verbal and non-verbal support, maintaining a positive attitude, and offering equal service. Apart from that, there are several other aspects to pay attention to, namely physical facilities, responsiveness and problem-solving abilities that still need to be improved.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-11-13
How to Cite
Azahari, H., Fantini, E., & Hasna, N. (2024). Strategi Komunikasi Customer Service PT Sarana Berkah Niaga Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Kepada Mitra Sabana Fried Chicken. Jurnal Komunikasi Esensi Daruna, 3(2), 74-78. https://doi.org/10.55886/daruna.v3i2.935