Pengaruh Terpaan Informasi Tayangan Debat Capres di tvOne Terhadap Tingkat Pengetahuan Pemilih Mengenai Calon Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029 Bagi Pemilih di TPS 20, Jatipadang, Pasar Minggu-Jakarta Selatan

  • Aulia Hasanah Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Information Exposure_1, Level of Knowledge_2, terpaan informasi, Tingkat Pengetahuan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan informasi tayangan Debat Capres di tvOne terhadap tingkat pengetahuan mengenai calon presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 bagi pemilih di TPS 20, Jatipadang, Pasar Minggu-Jakarta Selatan.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei eksplanatif yang bersifat asosiatif. Dari jumlah populasi sebesar 345 orang pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap, didapatkan jumlah sampel sebesar 185 orang sampel yang akan menjadi responden penelitian melalui perhitungan dengan rumus Slovin, presisi 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random samping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan informasi  berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan pemilih mengenai calon presiden dimana berdasarkan hasil uji hipotesis dengan membandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel, yaitu nilai t-hitung (38.756) > t-tabel (1.973). Di sisi lain, hasil uji korelasi menunjukkan bahwa rhitung  sebesar 0.916. Hasil analisis tersebut menjelaskan bahwa “Terpaan Informasi” dan “Tingkat Pengetahuan” menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara kedua variabel. Adapun nilai koefisien regresi sebesar 0.847, berarti setiap kali terdapat terpaan informasi, maka tingkat pengetahuan akan meningkat sebesar 0.847. Nilai uji determinasi sebesar 85.9%, yang berarti bahwa terpaan informasi memiliki kontribusi sebesar 85.9% terhadap tingkat pengetahuan pemilih dan sisanya 14.1% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

The purpose of the study is to get information is there any impact of  the information exposure by Indonesian presidential candidate debate program at tvOne through the level of knowledge about Indonesian presidential candidate period 2024-2029 for the voters at TPS 20 Jatipadang, Pasar Minggu, South Jakarta. The study uses quantitative method with explanation and associative approach. The research population are 345 people, that listed at the The List of Fix Voters and based on Slovin Formula with 5% precision, the study has 185 samples.  This study uses simple random sampling. The results show that information exposure have an impact on level of knowledge based on the results of hypothesis testing that compare between t-value with t-table. The hypothesis testing shows that t-value (38.756) > t-table (1.973). Furthermore, the correlation test result is 0,916 can be explained that information exposure and the level of knowledge have very strong correlation. The regression coefficient  result is 0.847, has the meaning that every one time of  information exposure applied, so level of knowledge score will increase 0.847 point. From the determination test, has 85.9%, and the meaning is the information exposure by Indonesian presidential candidate debate program at tvOne gives 85.9% contribution toward the level of knowledge about Indonesian presidential candidate period 2024-2029 and the rests, 14.1%  influenced by others factors

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-11-13
How to Cite
Hasanah, A. (2024). Pengaruh Terpaan Informasi Tayangan Debat Capres di tvOne Terhadap Tingkat Pengetahuan Pemilih Mengenai Calon Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029 Bagi Pemilih di TPS 20, Jatipadang, Pasar Minggu-Jakarta Selatan. Jurnal Komunikasi Esensi Daruna, 3(2), 52-57. https://doi.org/10.55886/daruna.v3i2.942