PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SIM CARD TELKOMSEL, INDOSAT OOREDOO DAN HUTCHISON 3 INDONESIA DI WILAYAH JAKARTA TIMUR

Main Article Content

Abdullah Kafabih
Aloysius Harry Mukti

Abstract

Metode penelitian kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan penelitian komparatif. Penelitian komparatif adalah penelitian yang membandingkan dua gejala atau lebih.  Yang menjadi objek penelitian komparatif dalam penelitian ini yaitu pengguna produk SIM card dari Telkomsel, Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu citra merek, kualitas produk dan promosi, sedangkan variabel terikat yaitu keputusan pembelian.  Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan data primer (kuesioner) dengan skala likert 1-5 dan data skunder. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dan software yang digunakan untuk analisa data tersebut adalah program Lisrel 8.8. Hasil penelitian menujukan bahwa variabel citra merek dari data Telkomsel dan Indosat Ooredoo mempengaruhi variabel keputusan pembelian, sedangkan dari data Hutchison 3 Indonesia tidak mempengaruhi variabel keputusan pembelian. Untuk variabel kualitas produk dari data Telkomsel dan Indosat Ooredoo tidak mempengaruhi variabel keputusan pembelian, sedangkan dari data Hutchison 3 Indonesia mempengaruhi variabel keputusan. Untuk variabel promosi dari data Telkomsel, Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia semuanya mempengaruhi variabel keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kafabih, A., & Mukti, A. (2018). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SIM CARD TELKOMSEL, INDOSAT OOREDOO DAN HUTCHISON 3 INDONESIA DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 1(2), 8-18. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/110
Section
Articles

References

Achidah et al (2016). Pengaruh promosi, harga dan desain terhadap keputusan pembelian sepeda motor Mio GT. Journal of Management.
Ahmad Baihakki Z, 2013. Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur): Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Agustin (2016). Analisis kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian motor Honda Vario (studi kasus pada TRIDJAYA MOTOR delear resmi motor Honda cabang GIRIAN-BITUNG). Jurnal berkala ilmiah efisiensi.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Barsky. J, 2000, Customer Satisfaction in the hotel industry: measurement and meaning, cornell H. R. A, Quarterly, Vol. 7. pp. 20-41
Basu Swastha. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFEYogyakarta.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa
Dharmmesta, Basu Swastha dan T. Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPPFE.
Ghazali, 2010, Analisis Lokasi, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Warnet XYZ Semarang, Universitas Diponegoro, Semarang
Giardo Permadi Putra (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis.
Hasan, M. Iqbal, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Bogor, 2002.
Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip & Gary Armstrong (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.
Lidya Mongi dkk, (2015). Kualitas produk, strategi promosi dan harga pengaruhnya terhadap Keputusan pembelian kartu simpati telkomsel Di kota manado. Jurnal EMBA.
Liya Monalisa Anis (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap International Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis.
Majid, 2009. “Costumer Service Dalam Bisnis Jasa Dan Tranportasi”, Raja Grafindo Persada, Jakarta,
Malhotra, N.K., (2009), Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta
Mullins Jhon W, C. Orville, Jean-Claude Larreche, dan Harper W Walker Boyd. 2005. Manajemen Pemasaran . Jakarta: Erlangga.
Purwanto (2008). Jurnal Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha Mio Studi Kasus Di Daerah Surakarta.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Sandi Eka Suprajang, (2014). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi kasus penggunaka kartu seluler IM3). Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi.
Sarwono, 2012. Metodologi Riset Penelitian Keperawatan, Jakarta: CV Infomedika
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sitinjak, Tumpal JR & Sugiarto. 2006. LISREL. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudijono Anas. (2009). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunyoto. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta : CAPS
Surachman. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek (Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan). Malang: Bayumedia Publishing.
Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Wijanto, S. 2008. Structural Equation Modelling dengan Lisrel 8.8. Graha Ilmu, Yogyakarta