PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN CITRA PERUSAHAAN (CORPORATE IIMAGE) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI EMPIRIS PADA PT. TRANSJAKARTAKORIDOR XI JURUSAN KAMPUNG MELAYU-PULO GEBANG)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara bauran pemasaran dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan.Penelitian ini menggunakan metode survei terhadap pelanggan busway, dilaksanakan kurang lebih 4 bulan dari April 2017 sampai Juli 2017. Sampel sebanyak 260 responden, diambil melalui quota sampling.Instrumen disusun sebagai hasil kajian teoritis dan praktis dengan tiga variabel penelitian yaitu bauran pemasaran, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan data ordinal (data berperingkat non-numerik) yang kemudian diskalakan menggunakan skala Likert. Data masing -masing terdapat lima pilihan jawaban.Data diolah dengan bantuan perangkat lunak komputer, yaitu Linear Structural Equation (Lisrel) 8.30, dengan teknik pengujian kecocokan keseluruhan model, pengujian kecocokan model pengukuran dan pengujian kecocokan model structural.Hasil pengujian hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan dan antara bauran pemasaran dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan.
Downloads
Article Details
References
Suriyani. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Layanan 4G Telkomsel Di Samarinda Seberang, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman, eJournal Administrasi Bisnis, 2017, 5(2):496-510 ISSN 2355-5408.
Marsono, Shandy et. Al. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasar Tradisional Di Kota Surakarta, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Perbankan, PRO-BANK, Vol. 1 No.1 ISSN:2252-7885.
Hermawan, Haris. 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember, Vol. 9 No. 1 Hal. 84-93.
Destiana, Diah et. Al. 2006. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Pra Bayar IM3 (Indosat Multi Media Mobile), (Studi Kasus Pada Siswa SMK Negeri 5 Samarinda), Fakultas Ekonomi, Universitas Samarinda.
Reynaldi, Gede Hadi, Ni Wayan Sri Suprapti. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek ‘Honda’ Di Kota Denpasar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana (Unud), Vol 6, No.1, 2017:375-401 ISSN:2302-8912.
Suriyani. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Layanan 4G Telkomsel Di Samarinda Seberang, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman, eJournal Administrasi Bisnis, 2017, 5(2):496-510 ISSN 2355-5408.
Reynaldi, Gede Hadi, Ni Wayan Sri Suprapti. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek ‘Honda’ Di Kota Denpasar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana (Unud), Vol 6, No.1, 2017:375-401 ISSN:2302-8912.
Suriyani. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Layanan 4G Telkomsel Di Samarinda Seberang, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman, eJournal Administrasi Bisnis, 2017, 5(2):496-510 ISSN 2355-5408.
Marsono, Shandy et. Al. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasar Tradisional Di Kota Surakarta, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Perbankan, PRO-BANK, Vol. 1 No.1 ISSN:2252-7885.
Hermawan, Haris. 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember, Vol. 9 No. 1 Hal. 84-93.
Destiana, Diah et. Al. 2006. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Pra Bayar IM3 (Indosat Multi Media Mobile), (Studi Kasus Pada Siswa SMK Negeri 5 Samarinda), Fakultas Ekonomi, Universitas Samarinda.
Lumintang, Andrew A. 2013. Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebuoy Di Kota Manado, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado, Vol.1 No. 3, Hal. 140-150 ISSN 2303-1174.
Wati, Defita Lia. 2017. Pengaruh Citra Perusahaan, Citra Pemakai, dan Citra Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Brilliant English Course Pare. Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Vol.01 No.10 Tahun 2017 ISSN : BBBB-BBBB.
Saputra, Leri Hardian. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru), Fakultas Ilmu Ekonomi, Universitas Bina Widya. Vol. 4 No. 1
Bennet, R. Anthony. 1997. The Five Vs – a buyer‟s Perspective of The MarketingMix. Marketing Intelligence & Planning, 15(3): pp: 151-156.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS.Cetakan Keempat. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 1, 2017: 375-401399.
Griffin, Jill. 2006. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan MempertahankanKesetian Pelanggan, Alih Bahasa oleh Dwi Kartini Yahya.Jakarta :Erlangga.
Keller ed. 2012. World Of Mouth Advocacy : A New Key to Advertising.
Effectiveness. Journal of Advertaising Research.52 (4)..
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PTINDEKS Kelompok Gramedia.
Kurniawati, Dewi. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadapKepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan KFC CabangKawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol:14,No.2. UniversitasBrawijaya, Malang.
La Ferle, Carrie and Choi, Sejung Marina. 2005. “The Importance of PerceivedEndorser Credibility in South Korean Advertising,” Journalof CurrentIssues and Research in Advertising, 27, 2, 67-81.
Mei, Nanang Andhiyan Mergining. 2012. ”Pengaruh Marketing Mix terhadapLoyalitas Konsumen Suplemen Impor Dari USA Di Kabupaten Bantul”.Jurnal
Bisnis Manajemen dan Akuntansi (JBMA).Vol. 1. No. 1. Agustus2012. Hal. 37 –53. Akademi Manajemen Administrasi (AMA) “YPK”Yogyakarta,Yogyakarta.
Oetama, Seanawati. 2011. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran TerhadapLoyalitas Konsumen Pada Motor Honda di Sampit. Jurnal Ilmu Sosial,3(1): h:40-53.
Setiawan, Putu Yudhistira Budhi. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Produk, Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Vol 6 Nomor 2 – Juni 2016, p-ISSN:2088-8139 ,e-ISSN:2443-2946.
Abdullah, T. dan Tantri, F., 2012. ManajemenPemasaran. Raja Grafindo Persada,Jakarta.
Aryani dan Rosinta, F., 2010. Pengaruh KualitasLayanan terhadap Kepuasan Pelanggandalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.Jurnal Ilmu administrasi dan Organisasi, , 217: 114–126.
Hariyanti, T., 2015. Analisis Bauran PemasaranPada Loyalitas Merek Melalui KepuasanPelanggan Produk Dekoratif MustikaRatu, Tesis, Magister ManajemenUniversitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Kotler, P. dan Amstrong, G., 2012. Prinsip-PrinsipPemasaran, 13th ed. Erlangga, Jakarta.
H. I. Ghozali and Fuad, Structural Equation Modeling: Teori, Konsep, danAplikasi Dengan Program Lisrel 8.54. Semarang: Badan Penerbit UNDIP,2005, p. 376.
Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Jakarta:Erlangga.
Samuel, H., 2005. Pengaruh KepuasanKonsumen Terhadap Kesetiaan Merek(Studi Kasus Restoran The Prime Steak&Ribs Surabaya). Jurnal Manajemen danKewirausahaan, 7: 74–82.
Selnes, F., 199. An Examination of the Effect ofProduct Performance on BrandReputation, Satisfaction and Loyalty.European Journal of Marketing, 27: 19-35.
Sarjono, Haryadi & Julianita, Winda. 2013. SPSS vs LISREL Sebuah PengantarAplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Sitinjak, Tumpal JR & Sugiarto. 2006. LISREL. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Singh, M., 2012. Marketing Mix of 4P’S forCompetitive Advantage. IOSR Journal ofBusiness and Management (IOSRJBM), 3:40–45.
Sunyoto, D., 2012. Konsep Dasar Pemasaran DanPerilaku Konsumen. Center of AcademicPublishing Service, Yogyakarta.
Vithoruna., 2016. Analisis Pengaruh BauranPemasaran Pada Loyalitas KonsumenDengan Niat Beli Ulang SebagaiVariabel Pemediasi Serta OngkosBeralih Merek Sebagai VariabelPemoderasi Pada KFC Mall CitralandSemarang, Tesis, Magister ManajemenUniversitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Risyamuka, I.K. 2013. Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas pelangganproduk hijau di restoran sari organik ubud. Jurnal Fakultas Ekonomi danBisnis Universitas Udayana, Bali.
Siti, Nurul. 2013. Marketing mix Terhadap Loyalitas Pelanggan Enceng gondokdi Daerah Groyok KabupatenLamongan Jurnal Fakultas EkonomiUniversitas Negeri Surabaya.
Kotler, P & Keller. 2012. Marketing Management Edisi 14. New Jersey: PrenticeHall,Inc.
Kotler, P & Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks
Kotler, P & Armstrong. 2010. Principles of Marketing, thirteen edition. NewJersey: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P & Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta:Erlangga.
Pan, Y. Zinkhan, G.M., 2006. Determinants of retail patronage: A meta-analyticalperspective. Journal of Retailing. 82 (3), pp. 229-244.E-Jurnal Manajemen
Unud, Vol. 6, No. 1, 2017: 375-401401.
Poghosyan, Anna MBA. 2015. Celebrity endorsement as one of nowadays Majorways to influence consumer buying Behaviour. European ScientificJournal April 2015 /SPECIAL/ edition ISSN: 1857 – 7881.
Wirasti , Dian Retno. 2010. Pengaruh persepsi kualitas pelayanan , persepsikewajaran harga dan corporate image terhadap loyalitas dengan kepuasansebagai variabel mediasi pada layanan after-sales (service -part) toyotanasmoco solobaru. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.
Yonaldi, Sepris. 2011. ”Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran(Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Minuman TheBotol Sosro Frestea (StudiKasus Mahasiswa Universitas AndalasPadang)”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Volume 2. Nomor 1.Januari 2011. Hal. 79 – 114. Universitas Andalas, Padang.
Zulfikar, Muhammad Wimman. 2011. Analisis Bauran Pemasaran TerhadapKeputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Oase Batik Pekalongan). JurnalFakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.