PENGARUH MOTIF BELANJA HEDONIS DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELANJAAN TAK TERDUGA DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABLE INTERVENING DI MALL LIPPO PLAZA KUPANG

Main Article Content

Kevin Leopoldus Sena
Aloysius Harry Mukti
Arta Elisabeth Purba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motif belanja hedonis dan gaya hidup berbelanja pada pembelian impulsif dengan emosi positif sebagai variabel Intervening pada pelanggan Lippo Plaza Kupang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan penelitian eksplanatori. Sampelnya adalah 123 responden dengan teknik simple Insidental. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data seperti pelanggan yang telah melakukan pembelian di Lippo Plaza Kupang dalam 4 bulan terakhir. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dariLisrel 8.80, hasilnya menunjukkan bahwa: (1) nilai belanja hedonis memiliki dampak positif dan signifikan terhadap emosi positif. (2) nilai belanja hedonis tidak memiliki dampak positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. (3) Gaya Hidup Berbelanja tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif (4) Gaya Hidup Berbelanja memiliki efek positif dan signifikan terhadap emosi positif, (5) Emosi Positif memiliki efek positif dan signifikan terhadap Pembelian Impuls, (6) Hedonic Motif Berbelanja memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Pembelian Impuls melalui Emosi Positif (7) Gaya Hidup Belanja tidak memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Pembelian Impuls melalui Emosi Positif.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sena, K., Mukti, A., & Purba, A. (2019). PENGARUH MOTIF BELANJA HEDONIS DAN GAYA HIDUP BERBELANJA TERHADAP PEMBELANJAAN TAK TERDUGA DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABLE INTERVENING DI MALL LIPPO PLAZA KUPANG. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 20-28. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/550
Section
Articles

References

AltinayLevent , and Surya Poudel. (2016). Enhancing Customer Experience in the Service Industry : A Global Perspective. Cambridge Scholars Publishing. Diaksesdarihttps://search.proquest.com/docview/2130960059/bookReader? accountid=34643

Arnold Mark J. a, Kristy E. Reynolds. (2012). Approach and Avoidance Motivation: Investigating Hedonic Consumption in a Retail Setting. Journal of Retailing 88 (3, 2012) 399–411. Diaksesdarihttps://search.proquest.com/docview/ 1035242612/ FABCDCFD 36C343FBPQ/ 1?accountid=34643

Bakirtaş Hülya, İbrahimBakirtaş,MüminAtalayÇeti̇n.(2015). Effects of Utilitarian and Hedonic Shopping Value and Consumer Satisfaction on Consumer Behavioral Intentions. Aksaray University, Faculty of Economics and Administrative Sciences, Department of Economics. Diaksesdari http://www.onlinedergi.com/ makaledosyalari/51/pdf2015_1_9.pdf.

DarmaLizamary Angelina; Edwin Japarianto.(2014). AnalisaPengaruh Hedonic Shopping Motive Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Lifestyle Dan Positive Emotion SebagaiVariabel Intervening Pada Mall Ciputra World Surabaya. jurnalmanajemenpemasaran, Vol. 8, No. 2, Oktober 2014 Diaksesdarihttps://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.80-89

Gültekin, B., danÖzer L., 2013, The Influence of Hedonic Motives and Browsing On Impulse Buying, Journal of Economics and Behavioral Studies, Vol. 4, No. 3, Maret:pp. 180-189, (ISNN: 2220-6140) diaksesdarihttps://www.researchgate.net/profile/Leyla_Oezer/publication/267248518_The_Influence_of_Hedonic_Motives_and_Browsing_On_Impulse_Buying/links/56ccba8808ae85c8233bc0c4/The-Influence-of-Hedonic-Motives-and-Browsing-On-Impulse-Buying.pdf?origin=publication_detail

Haq Mirza a. (2014). Measuring The Mediating Impact Of Hedonic Consumption On Fashion Involvement And Impulse Buying Behaviour. Indian Journal of Commerce & Management Studies ISSN: 2240-0310 EISSN: 2229-5674. Diaksesdarihttps://search.proquest.com/results/B7A902C139EB497BPQ/1?accountid=34643

Haryono, Siswoyo. (2017). Metode SEM UntukPenelitianManajemen Amos Lisrel Pls. Luxima Metro Media

Hetharie, JondryAdrin. (2012) ,” Peranemosipositifsebagai mediator stimulus lingkungantokodanfaktorsosialterhadapimpulse buying tendency padamataharidepartement store kotaambon. Jurnalaplikasimanajemen | volume 10 | nomor 4 | desember 2012. Diaksesdarihttp://jurnaljam.ub.ac.id/ index.php/ jam/article/ download/ 476/514.

HursepunyCrusyta Valencia (2018) Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying PadaKonsumenShopee_Id. e-Proceeding of Management : Vol.5, No.1 Maret 2018 . diaksesdarihttps://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management /article/ view/ 5986/5965

Japarianto Edwin. SugionoSugiharto. (2013), “Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying BehaviorMasyarakat High Income Surabaya”. Jurnalmanajemenpemasaran, vol. 6, no. 1, April 2013: 32-41 .http://jurnalpemasaran. petra.ac.id /index.php /mar/article /view/ 18388/18212
KosyuDayangAsning, KadarismanHidayat, YusriAbdillah , (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (SurveiPadaPelanggan Outlet Stradivarius Di Galaxy Mall Surabaya)”, JurnalAdministrasiBisnis (JAB) Vol. 14 No. 2 September 2014. Diaksesdarihttp://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jmbi/article/view/10014

Maftukhan Muhamad.(2017, Desember, 2). Shopping Lifestyle Dan Store Environment PengaruhnyaTerhadapKeputusanPembelianBaju Cosmic Di Surabaya. MajalahEkonomi ISSN No. 1411-9501 Vol. XXII. Diaksesdarihttp://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/download/1021/ 846/.

Nair R. Suja (2008). Consumer Behaviour and Marketing Research : Text and Cases. Himalaya Publishing House ; Diaksesdarihttps://search.proquest.com/docview/ 2131434958/bookReader?accountid=34643

ParamitaAdiskaOcta, ZainulArifin, Sunarti. (2014). PengaruhNilaiBelanjaHedonisTerhadapPembelianImpulsifPadaToko Online DenganEmosiPositifSebagaiVariabelPerantara” , JurnalAdministrasiBisnis (JAB)| Vol. 8 No. 2 Maret 2014. Diaksesdarihttp://www.academia.edu/35133468/ pengaruh_ nilai_ belanja_ hedonis.