PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KOMPARASI SMARTPHONE SAMSUNG DAN IPHONE APPLE DI KECAMATAN SELAT, PROVINSI BALI)

Main Article Content

I Made Wahyudi
Aloysius Harry Mukti
Arta Elisabeth Purba

Abstract

Bauran pemasaran menjadi elemen penting yang mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan pada setiap produk yang dijual oleh suatu perusahaan. Peneliti menganalisis pengaruh bauran bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi komparasi smartphone Samsung dan iPhone Apple di Kecamatan Selat, Provinsi Bali) dengan sampel sebanyak 200 orang (100 pengguna smartphone Samsung dan 100 pengguna iPhone Apple). Peneliti menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Pengolahan data menggunakan metode Structural Equation Model–Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada iPhone Apple jauh lebih signifikan daripada smartphone Samsung, pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada iPhone Apple lebih signifikan dibandingkan dengan smartphone Samsung, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada iPhone Apple juga lebih signifikan daripada smartphone Samsung, dan kepuasan pelanggan merupakan variabel intervening dalam hubungan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada iPhone Apple lebih signifikan dibandingkan smartphone Samsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahyudi, I., Mukti, A., & Purba, A. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KOMPARASI SMARTPHONE SAMSUNG DAN IPHONE APPLE DI KECAMATAN SELAT, PROVINSI BALI). JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 29-37. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/551
Section
Articles

References

Ariola Mariano M. et al. 2006. Principles and Methods of Research, 1st ed.,Rex Book Store Inc, Manilla, Phillipine.
Engel, at al. (1995). Perilaku konsumen, Edisi keenam (terjemahan). Binarupa Aksara. Jakarta.

Goi, C.L. (2009). A Review of Marketing Mix: 4Ps or More?. International Journal of marketing studies., Vol. 1. 1-15. Diakses dari : http://ccsenet.org/journal/index.php/ijms/article/view/97/1552

Gustaffsson, at al. (2005). The Effects of Customer Satisfaction, Relationship Commitment Dimensions, and Triggers on Customer Retention. Journal of Marketing, Vol. 69. 210-218. Diakses darihttp://scholarship.sha. cornell.edu/articles/434

Hochbaum, at al. (2011). Rating Customers According to Their Promptness to Adopt New Products. Journal Operations Research, Vol. 59. 1171–1183. Diakses dari http://dx.doi.org/10.1287/opre.1110.0963

Hu et al. (2009). Highly conductive paper for energy-storage devices. Volume 106. Halaman 21490–21494. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/40482820_Highly_conductive_paper_for_energy-storage_ devices

Kim, M.K., Park, M.C., and Jeong, D.H. (2004) “The effects of customer satisfaction and switching barrier on customer loyalty in Korean mobile telecommunication services”, Journal Electronics and Telecommunications Research Institute, School of Business, Information and Communications University, Yusong-gu, Hwaam-dong, Taejon 305-348, South Korea, vol. 28, 145-159. Diakses dari https://econpapers.repec.org/article/ eeetelpol/v_3a28_3ay_3a2004_3ai_3a2_3ap_3a145-159.htm

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2010). Principles of marketing 13e. New Jersey: Pearson Education, inc

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Mahmood, Khan. (2014). Impact of Service Marketing Mixes on Customer Perception: A Study on Eastern Bank Limited, Bangladesh.European Journal of Business and Management, Vol. 6. 164-173. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/302693269_Impact_of_Service_Marketing_Mixes_on_Customer_Perception_A_Study_on_Eastern_Bank_Limited_Bangladesh

Muzammil Hanif, et al.(2010).Factors Affecting Customer Satisfaction. International Research Journal of Finance and Economics, Vol. 60. 44-52. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/266888165

Nirwana.(2004). Prinsip-prinsip Pemasaran Jasa. Dioma, Malang.

Raja, I.S.(2014). Factors affecting customers satisfaction in restaurants industry in Pakistan. International Review of Management and Business Research, Vol.3. 869-876. Diakses dari http://www.irmbrjournal.com/papers/ 1399194994.pdf

Samar, et al. (2017). The Influence of Services Marketing Mix (7 Ps.) and Subjective Norms on Customer’s Satisfaction in Islamic Banks of Palestine. European Journal of Business and Management, Vol. 9. 20-25. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/320166274

Shimi, N.(2016). The Role of Social Facilitation Theory on Consumer Decision Making: A Conceptual Framework. American Journal of Management, Vol16. 80-89. Diakses dari http://www.na-businesspress.com/AJM/ AhmadSN_Web16_2_.pdf

Singh. (2016). Marketing Mix of 4P’S for Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management (IOSRJBM), Vol. 3. 40-45. Diakses dari https://pdfs.semanticscholar.org/e6e4/7ce83ec5403ba3175356b5045bd67dcfb946.pdf

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku konsumen. Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Jakarta Selatan: Ghalia Indonesia.

Weinreich, M. A., Odumade, O. A., Jameson, S. C., & Hogquist, K. A. (2010). T cells expressing the transcription factor PLZF regulate the development of memory-like CD8+ T cells. Nature immunology, Vol. 11(8), 709-716. Diakses dari https://experts.umn.edu/en/publications/t-cells-expressing-the-transcription-factor-plzf-regulate-the-dev

Yelkur, R. (2000) Customer Satisfaction and the Services Marketing Mix, Journal of Professional Services Marketing, Vol. 21 (1). 105-115. Diakses dari https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1300/J090v21n01_07