PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA BUKU PELAJARAN PENERBIT ERLANGGA. (STUDY KASUS PADA PENGGUNA BUKU PELAJARAN DI SMA AREA JAKARTA SELATAN)
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel citra merek, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening studi kasus pada pengguna buku pelajaran di SMA dengan tingkat penjualan tertinggi selama 3 tahun yang berdomisili di Jakarta Selatan. Data diperoleh langsung dengan membagi kuesioner kepada bapak ibu guru disekolah yang menjadi objek penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 122 sampel. Dalam menganalisis data, penelititian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan riset kausal dengan pendekatan statistik Structural Equation Modelling (SEM) dengan software Lisrel. Hasil penelitian menunjukan bahwa hanya 1 hipotesis yang ditolak yaitu pengaruh variabel citra merek terhadap loyalitas pelanggan yang mendapatkan hasil tidak berpengaruh dan tidak signifikan selebihnya 9 hipotesis lainnya diterima
Downloads
Article Details
References
Budiharto, Aditya, Triasesiarta Nur, Aloysius Mukti, and Arta Purba. 2019. “PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN CITRA PERUSAHAAN (CORPORATE IIMAGE) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI EMPIRIS PADA PT. TRANSJAKARTAKORIDOR XI JURUSAN KAMPUNG MELAYU-PULO GEBANG)”. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM 2 (2), 1-10. https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/549.
Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Hair, J.F Jr., R.E. Anderson, B.J. Babin, dan W.C. Black. 2010. Multivariate Data Analysis, 7th Edition. Pearson Prentice Hall.
Hansemark, Albinsson, (2004) "Customer satisfaction and retention: the experiences of individual employees", Managing Service Quality: An International Journal, Vol. 14 Iss: 1, pp.40 – 57
Jogiyanto Hartono, 2013. “Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman”, BPFE Yogyakarta, Edisi Keenam, Yogyakarta.
Kotler dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Nurzullah, E., Nur, T., Mukti, A., & Purba, A. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BAURAN PEMASARAN, TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK PT. ABC. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 11-19. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/548
Pakpahan, A., Mukti, A., & Purba, A. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT MEREFERENSIKAN. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 38-49. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/552
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Wahyudi, I., Mukti, A., & Purba, A. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KOMPARASI SMARTPHONE SAMSUNG DAN IPHONE APPLE DI KECAMATAN SELAT, PROVINSI BALI). JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 29-37. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/551
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6thed. Mc.Graw-Hill. Boston