PENGARUH KOMPETENSI INSTRUKTUR YOGA, MOTIVASI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Studio Yoga di Jakarta)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi instruktur yoga, motivasi dan lokasi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Studio Yoga di Jakarta. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi instruktur, motivasi dan lokasi. Sedangkan variabel tidak bebas dalam penelitian ini adalah kepuasan dan loyalitas pelanggan.Metode penelitian iniadalah deskriptif kausalitas yang dirancang dengan pengujian hipotesis. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan (member) Studio Yoga di Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 74 Responden dengan teknik pengambilan sampel acidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Strutural Equation Model (SEM) dengan bantuan software SmartPLS version 3.2 for student. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa kompetensi instruktur berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara bersama-sama Kompetensi, Motivasi dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Downloads
Article Details
References
Budiharto, A., Nur, T., Mukti, A., & Purba, A. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN CITRA PERUSAHAAN (CORPORATE IIMAGE) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI EMPIRIS PADA PT. TRANSJAKARTAKORIDOR XI JURUSAN KAMPUNG MELAYU-PULO GEBANG). JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 1-10. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/549
Chukwuma, E.M., & Obiefuna, O. (2014). Effect of Motivation on Employee Productivity : A Study of Manufacturing Companies in Nnewi. Journal of Managerial Studies and Research 2 (7).
Dulkhatif, D., Haryono, A. T., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan pada penyedia jasa internet Study PT Noken Mulia Tama Semarang. Journal Of Management, 2(2).
Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi,. Yogyakarta
Firdiyansyah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. Jurnal Elektronik REKAMAN (Riset Bidang Ekonomi Manajemen dan Akuntansi). ISSN, 2598-8107.
Heizer, Jay dan Barry Render. (2015), Operations Management (Manajemen. Operasi), ed.11, Penerjemah: Dwi anoegrah wati S dan Indra Almahdy,. Salemba Empat
Herzberg, Frederick. 2011. Herzberg‟s Motivation-Hygiene Theory and Job Satisfaction in The Malaysian Retail Sector: The Mediating Effect Of Love Money. Sunway University Malaysia: Teck Hang Tan and Amna Waheed
Kemenkes RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 1992. In: Kesehatan K, editor. Jakarta: Kemenkes RI; 1992
Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson
PANUNTUN, R. A. (2016). Gambaran Ketidaknyamanan Fisik dan Psikologis pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Peraturan Pemerintah (PP) No. 23 Tahun 2004, tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)
Peterson, R.A. and Wilson. 1992. Measuring Customer Satisfaction : Fact and Artifact. Journal of The Academy of Marketing Science. Vol. 20, pp 61-71.
Purnomo, D. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Politeknik LP3I Bandung. JURNAL LENTERA BISNIS, 5(1), 1-8.
Rismayanthi, C., & Arjuna, F. 2014. Survei Kompetensi Personal Trainer Terhadap Program Latihan Dan Jasa Yang Diberikan Pada Member Fitness Di Yogyakarta. Staff. Uny. Ac. Id.
S.P,Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2005, Sistem Keolahragaan Nasional
Wibowo . (2012) . Perilaku Dalam Organisasi . Edisi 1-2 . Jakarta : Rajawali Pers.
Almira, A. T. (2016) Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Sanggar Senam Nias Jember.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Kwong,Ken dan Kay Wong. (2013). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketing Bulletin, 2013, 24, Technical Note 1.
Nurzullah, E., Nur, T., Mukti, A., & Purba, A. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BAURAN PEMASARAN, TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK PT. ABC. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 11-19. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/548
Wahyudi, I., Mukti, A., & Purba, A. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KOMPARASI SMARTPHONE SAMSUNG DAN IPHONE APPLE DI KECAMATAN SELAT, PROVINSI BALI). JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 29-37. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/551
Pakpahan, A., Mukti, A., & Purba, A. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT MEREFERENSIKAN. JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM, 2(2), 38-49. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/552