Pembuatan Aplikasi “Pengenalan Batik Tasikmalaya Asli” Berbasis Android

  • Zarah Syifa Khairunnisa
  • Ariawan Aryapranata
Keywords: Batik Tasikmalaya, aplikasi, Android, MDLC, Unity3D

Abstract

Sejak dahulu hingga saat ini batik mengalami perkembangan sehingga menghasilkan berbagai macam jenis dan corak yang khas. Namun sayangnya batik dari beberapa daerah tidak populer dimasyarakat kita. Meski sudah ada tersedia media elektroniknya namun masih sedikit yang membahas mengenai ragam batik Tasikmalaya. Maka pada penelitian ini penulis merancang dan membangun aplikasi berbasis android sebagai media pengenalan batik Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) meliputi teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka dan angket/kuesioner serta Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai metode pengembangan sistemnya. Dibuat menggunakan software Unity3D dengan pengujian blackbox menghasilkan aplikasi pengenalan “Batik Tasikmalaya Asli”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-11
How to Cite
Khairunnisa, Z., & Aryapranata, A. (2021). Pembuatan Aplikasi “Pengenalan Batik Tasikmalaya Asli” Berbasis Android. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 5(1), 8-16. https://doi.org/10.55886/infokom.v5i1.292