Aplikasi Mobile Informasi Candi Borobudur Berbasis Augmented Reality

  • Ratih Wahyuningrum
  • Egy Arnadi
Keywords: Aplikasi Mobile, Android, Augmented Reality, MDLC, Candi Borobudur

Abstract

Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan beda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Candi merupakan warisan peninggalan leluhur bangsa yang sudah sepatutnya sebagai penerus bangsa untuk melestarikan, merawat, dan menjaganya. Pada masa kerajaan hindu budha di Indonesia candi digunakan sebagai tempat ibadah dan tempat pemujaan dewa-dewa. Kini candi Borobudur sudah menjadi pusat Pariwisata di Indonesia yang sudah dikenal di mancanegara. Agar dapat lebih mengenalkan kepada wisatawan mancanegara tentang candi Borobudur dan memberikan informasi mengenai candi Borobudur secara lebih menarik kepada masyarakat, maka penulis tertarik untuk membuat Aplikasi Mobile Informasi Candi Borobudur Berbasis Augmented Reality. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi pustaka. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Software Unity 3D, Vuforia, Blender 3D, Java, dan C#. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis augmented reality yang dapat digunakan oleh institusi terkait pemerintah maupun umum. Aplikasi ini juga diharapkan dapat menjadi alat dalam melestarikan budaya Indonesia agar tidak mudah dilupakan sampai generasi yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-13
How to Cite
Wahyuningrum, R., & Arnadi, E. (2020). Aplikasi Mobile Informasi Candi Borobudur Berbasis Augmented Reality. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 4(2), 7-15. https://doi.org/10.55886/infokom.v4i2.304