Knowledge Management LWK (Latihan Wajib Kumpulan) Penyaluran Kredit Mikro Model Grameen Bank Berbasis Multimedia

  • Widio Rijanto
Keywords: Grameen Bank, kredit mikro, Penyuluhan Umum, Knowledge Management, Macromedia Authorware 7

Abstract

Lembaga Keuangan dalam program Grameen Bank untuk penyaluran kredit mikro, dimana salah satu prosedur nya adalah melakukan Latihan Wajib Kumpulan setelah tahab survey wilayah dan Latihan Wajib Kumpulan program dilakukan. Latihan Wajib Kumpulan dilakukan oleh petugas lapangan kepada penerima informasi program di tempat yang telah disepakati, misalnya dirumah ketua kumpulan atau balai warga yang ada. Perlu diketahui bahwa situasi dilapangan tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan. Tempat yang tidak layak, kurangnya pengetahuan masyarakat. Ini situasi dilapangan yang dihadapi oleh petugas lapangan untuk bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mentransformasi knowledge management kepada para petugas lapangan agar dapat diterapkan dilapangan menjadi informasi yang tepat dan benar.
Dalam penerapannya yang berbasis multimedia dibuat untuk membantu petugas melakukan Latihan Wajib Kumpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode ini dimaksudkan untuk dapat mengetahui bagaimana pengetahuan mengenai program yang ada pada sistem opersinal prosedur metode Grameen Bank. Pada penelitian ini bahwa knowledge management Latihan Wajib Kumpulan berbasis multimedia yang menggunakan model SECI .
Hasil pengembangan knowledge management yang berbasis multimedia mempengaruhi kelancaran petugas lapangan dalam melakukan Latihan Wajib Kumpulan. Petugas lapangan akan percaya diri dengan media yang akan dibawakan dalam Latihan Wajib Kumpulan. Dimana penerima informasi program ini memahami dan mengerti akan manfaat dari program. Program multimedia yang digunkan adalah program Macromedia Authorware yang sering digunakan dalam pembuatan program berbasis pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-21
How to Cite
Rijanto, W. (2022). Knowledge Management LWK (Latihan Wajib Kumpulan) Penyaluran Kredit Mikro Model Grameen Bank Berbasis Multimedia. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 3(1), 22-26. https://doi.org/10.55886/infokom.v3i1.343