Analisa Pembelian Konsumen Terhadap Seksi Alat Menggunakan Metode Algoritma Apriori pada GA 13 Cabang Arion Mall

  • Karno Diantoro
  • Dian Gustina
Keywords: Analisa pembelian konsumen, metode apriori, support, confidance

Abstract

Toko Gunung Agung merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Retail. Didalamnya terdapat pejualan dan stok barang yang akan di jual. Terdapat dua departemen yaitu departemen buku dan alat, sehinnga nantinya akan terbentuk pola atau trend pembelian konsumen.
Tujuanya adalah bagaiman meningkatkan pejualan terhadap Toko GA 13 Arion. Algoritma apriori adalah suatu metode untuk mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu dataset dimana metode ini banyak digunakan terutama pada perusahaan retail untuk menghitung data transaksi atau biasanya disebut market basket. Kelebihan algoritma apriori ini lebih sederhana untuk menangani data yang besar, juga mudah dipahami struktur kerja dan impelentasinya, dan algoritma apriori juga memiliki kelemahan karena harus melakukan scan database setiap kali iterasi, sehingga waktu diperlukan tambahan dengan banyaknya iterasi.
Hasil penelitian ini dengan metode Algoritma apriori dapat membantu meningkatkan penjualan. Menghasilkan fast moving dengan support = 65% dan Confidance 100% dan slow moving dengan support 45% Confidence 58%. Sehingga dari hasil analisa ini dapat membantu penjualan terhadap toko Gunung Agung Arion mall.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-21
How to Cite
Diantoro, K., & Gustina, D. (2022). Analisa Pembelian Konsumen Terhadap Seksi Alat Menggunakan Metode Algoritma Apriori pada GA 13 Cabang Arion Mall. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 3(1), 40-47. https://doi.org/10.55886/infokom.v3i1.346