Analisis dan Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Masalah pada Perangkat Komputer Berbasis Web (Studi Kasus:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)

  • Sarip Hidayatuloh
  • Muhammad Fadilah Rusydan
Keywords: Sistem Pakar, Perangkat Komputer, RAD, UML, PHP, MySQL

Abstract

Pusat Management Informasi (PMI) merupakan salah satu unit kerja dari BPPT yang memiliki fungsi memberikan pelayanan kepada setiap unit kerja yang ada terkait masalah pada perangkat komputer. Pegawai BPPT dalam penggunaan perangkat komputer seringkali menemukan kendala seperti gangguan jaringan dan masalah pada perangkat komputer. Jika pegawai menemukan masalah tersebut dapat menyampaikan keluhan melalui sistem helpdesk. Pegawai login ke dalam sistem kemudian menginput data keluhan. Data keluhan yang masuk setiap harinya ada sekitar 9 keluhan, sedangkan teknisi lapangan yang dimiliki oleh PMI untuk menindaklanjuti keluhan yang ada terdapat 4 orang. Unit kerja yang ada di BPPT yang menjadi tanggung jawab PMI dalam penanganan masalah mengenai perangkat komputer terdapat 42 unit kerja yang tersebar. Keterbatasan teknisi lapangan yang dimiliki oleh PMI dalam menangani keluhan yang ada menyebabkan menumpuknya keluhan yang masuk setiap harinya. Sehingga keluhan yang masuk tidak dapat diselesaikan di hari yang sama. Tujuan penelitian ini adalah membangun Sistem Pakar yang dapat membantu pegawai dalam menemukan solusi dari permasalah mengenai perangkat komputer. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD) dengan tools Unified Modelling Language (UML), metode penelusuran Forward Chainning, bahasa pemrograman PHP, database MySQL, serta pengujian Blackbox Testing. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Sistem Pakar Diagnosis Masalah Pada Perangkat Komputer Berbasis Web yang dapat digunakan oleh pegawai dalam menemukan solusi dari permasalahan yang dialami yang berkaitan dengan perangkat komputer.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-21
How to Cite
Hidayatuloh, S., & Rusydan, M. (2022). Analisis dan Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Masalah pada Perangkat Komputer Berbasis Web (Studi Kasus:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 3(1), 48-53. https://doi.org/10.55886/infokom.v3i1.347