PENERAPAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI (TI) TERHADAP INDEKS PENJUALAN SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD STUDI KASUS : CV. ANEKA MOTOR BOGOR
Abstract
Sebenarnya dalam memasuki penjualan sepeda motor kompetisi dan layanan purna jual, perusahaan mencoba untuk menggunakan Teknologi Informasi sebagai alat untuk dapat memenangkan kompetisi ini. Dalam rangka untuk Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan sepenuhnya dan perusahaan mendukung sistem yang ada, kinerja penilaian Teknologi Informasi diperlukan secara berkala. Salah satu metode untuk menilai kinerja departemen Teknologi Informasi adalah dengan memanfaatkan dengan Balanced Scorecard sebagai ukuran efisiensi dalam penggunaan saat ini dan menggunakan COBIT 4.1 ke 4) domain, yaitu adalah Akuisisi dan Implementasi, Memantau dan Evaluasi, Pengiriman dan Dukungan, Perencanaan dan Organisasi sebagai alat ukur. Dari kedua metode, kami mencoba untuk membuat Teknologi Informasi Blueprint sebagai hasil akhir dari pemanfaatan perusahaan, sehingga manajemen dapat merencanakan bagaimana perusahaan Teknologi Informasi.