Perancangan Arsitektur Sistem Informasi PT. ASMI PUTRI BUMI

  • Essy Malays Sari Sakti
  • Asril Basry
Keywords: Entreprise Architectur ( EA), Entreprise Architectur Planning( EAP), Client/Server Architecture Pattern, Service Oriented Architecture (SOA)

Abstract

Sistem informasi merupakan elemen yang sangat penting dalam mendukung operasi dan manajemen perusahaan, oleh karena itu perlu dibangun sebuah arstektur informasi yang berguna untuk pengelolaan sistem informasi terintegrasi yang responsif terhadap permintaan kebutuhan bisnis dan untuk memberikan struktur bagi pemilihan dan pengambilan keputusan terhadap teknologi dan produk yang perlu disediakan. Salah satu metode yang digunakan untuk memodelkan arsitektur sistem informasi adalah Entreprise Architectur ( EA). PT. ASMI PUTRIBUMI merupakan perusahaan .yang bergerak dibidang bahan baku tas dengan kantor pusat berada di Jakarta, dan kantor cabang berada di Surabaya, Sumatra dan kalimantan. Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya sudah menggunakan sistem informasi akan tetapi belum terintegrasi secara keseluruhan. Untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi bisnis serta meningkatkan aktivitas pembangunan sistem maka perlu dirancang arsitektur sistem informasi. Dengan menggunakan Entreprise Architectur Planning( EAP) sebagai kerangka kerjanya dan proses dimulai dengan menganalisa model dan strategis bisnis perusahaan serta melihat teknologi yang digunakan saat ini serta mempertinbangkan kebutuhan teknologi dimasa depan. Hasil perancangan arsitektur data yaitu entitas data dan sub sistem informasi yang ada di PT. ASMI PUTRI BUMI dan perancangan arstektur aplikasi berupa daftar aplikasi dan pengadaan aplikasi serta rancangan arstektur teknologi menggunakan Client/Server Architecture Pattern dan Service Oriented Architecture.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-21
How to Cite
Sakti, E., & Basry, A. (2022). Perancangan Arsitektur Sistem Informasi PT. ASMI PUTRI BUMI. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 2(1), 41-47. Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/KOMPUTASI/article/view/376