Pembuatan Aplikasi Al-Qur’an Sebagai Alat Bantu Menghafal Al-Qur’an Juz 30 pada Mi.Asya-fi’iyah 03

  • Ratih Wahyuningrum
  • Herfiati Herfiati
Keywords: Android, Aplikasi, Game, Al-Qur’an Juz 30, Unity 3D, MDLC

Abstract

Memelihara kemurnian dan keaslian Al-Qur’an merupakan tanggung jawab seluruh umat Islam sehingga sangat penting menjaga keasliannya dengan cara menghafalnya. Menghafal Al-Qur’an merupakan hal yang sulit tetapi hal yang tersulit yang harus dihadapi oleh penghafal Al-Qur’an adalah menjaga hafalannya dan timbulnya kejenuhan dalam menghafal yang disebabkan karena masih menggunakan metode sederhana yaitu hanya mengulang-ulang hafalan saja sehingga membuat kalangan pelajar menjadi malas untuk menghafal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka dibuatlah sebuah aplikasi sebagai alat bantu bagi pelajar maupun bagi kalangan umum yang sedang menghafal Al-Qur’an. Metodologi penelitian ini menggunakan Field Research. Metode pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan studi literatur. Penelitian ini diuji dengan pengujian alpha yaitu black box testing dan pengujian beta dengan penyebaran kuesioner. Metode pengembangan sistemnya menggunakan metode MDLC dan pembuatan aplikasi menggunakan Unity 3D. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis Android sebagai alat bantu untuk menghafal Al-Qur’an dan mengatasi kejenuhan menghafal dengan metode yang lebih menyenangkan dengan mengkombinasikan unsur metode hafalan dan kuis dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an Juz 30.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-10
How to Cite
Wahyuningrum, R., & Herfiati, H. (2022). Pembuatan Aplikasi Al-Qur’an Sebagai Alat Bantu Menghafal Al-Qur’an Juz 30 pada Mi.Asya-fi’iyah 03. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 6(1), 35-45. https://doi.org/10.55886/infokom.v6i1.454