Perancangan Aplikasi Pelayanan Service Bengkel Motor ABS Menggunakan Model Sequential Linier Berbasis Android

  • Marti Riastuti
  • Yudi Irawan Chandra
Keywords: Aplikasi, Pelayanan Service, Model Waterfall, Android

Abstract

Proses pelayaanan pada suatu bengkel dimulai saat staff administrator menanyakan mereka apa keluhan konsumen, apakah hanya ingin servis ringan saja atau ingin mengganti beberapa spare path yang rusak. Setelah staff administrator mengumpulkan informasi dari pihak konsumen, staff administrator akan memprosesnya dan menyerahkan tugas kepada mekanik serta suku cadang yang dibutuhkan. Kumpulan data sebuah transaksi inilah yang merupakan aset penting pada sebuah bengkel ini sendiri, salah satu fungsinya adalah untuk membantu meningkatkan kualitas pelayanan pada bengkel itu sendiri. Bengkel sendiri merupakan suatu usaha jenis wirausaha kecil dan menengah yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan perbaikan kendaraan sepeda motor. Transaksi dan data yang semakin banyak menyebabkan pendataan spare part part yang dinilai kurang efisien. Untuk itulah diperlukan suatu sistem terkomputerisasi yang mampu menyajikan data secara cepat dan tepat, sehingga dapat kelancaran kegiatan operasional usaha dapat semakin ditingkatkan di bengel ABS ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi pelayanan pada bengkel ABS dan mencatat semua transaksi secara akurat dan terkomputerisasi. Dalam metode penelitian ini terdapat dua, yaitu tahapan pengumpulan data yang terdiri dari studi pustaka, pengamatan. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya aplikasi pembayaran transaksi yang sudah terkomputerisasi yang memudahkan pencatatan data secara akurat, efiesien dan tersusun rapih. Pengembangan aplikasi menggunakan metode Sequential Linier (Waterfall), yaitu model pengembangan perangkat lunak dimana produk dirancang, diimplementasikan, dan diuji secara bertahap hingga produk selesai dibuat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-10