Perancangan Sistem E-Commerce F&B di Fresh Time Jakarta Menggunakan Model V Berbasis Web Mobile

  • Yudi Irawan Chandra
  • Dian Gustina
  • Sutarno Sutarno
Keywords: E-Commerce, Stok Barang, Model V, Web Mobile

Abstract

Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Barang (F&B) merupakan suatu sistem yang memberikan layanan informasi yang berupa data transaksi penjualan dan pembelian barang serta stok barang. Keberadaan sistem informasi ini sangat penting pada saat ini. Tidak terkecuali Fresh Time Jakarta yang merupakan usaha rumahan yang baru berdiri atau merupakan usaha start-up dalam bisnis makanan dan minuman. Sistem informasi penjualan dan pembelian barang yang ada di tempat tersebut belum terkelola dengan baik sehingga seringkali terjadi kesalahan dalam pembuatan laporan yang ada, seperti proses pengolahan data transaksi penjualan, pengolahan data transaksi pembelian, pengolahan data barang, pengolahan data customer, dan pengolahan data anggota supplier. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempersiapkan sistem komputerisasi dalam proses pembelian dan penjuala. Sehingga memberikan kemudahan pada saat proses pengolahan data barang, customer dan supplier, mempermudah dalam pengolahan data transaksi penjualan dan pembelian, meminimalisir kesalahan dalam pencatatan data pembelian dan data penjualan. Sedangkan sistem informasi penjualan berbasis web yang diharapkan mampu menyediakan informasi penjualan makanan dan minuman yang ada di perushaan Fresh Time Jakarta. Aplikasi yang dibuat bertujuan untuk dapat membantu pelanggan dalam proses pemesanan dan penjualan barang di perusahaan sekaligus sebagai tempat mempromosikan produk makanan dan minuman yang ada. Dengan adanya sistem ini diharapkan effisiensi bisnis dapat dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-17
How to Cite
Chandra, Y., Gustina, D., & Sutarno, S. (2022). Perancangan Sistem E-Commerce F&B di Fresh Time Jakarta Menggunakan Model V Berbasis Web Mobile. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 6(2), 10-18. https://doi.org/10.55886/infokom.v6i2.499