Pembuatan Aplikasi Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Untuk Siswa Kelas 1 dan 2 Sd Berbasis Android

  • Ratih Wahyuningrum
  • Agatha Mahartina P
Keywords: Android, Aplikasi, Game Edukasi, Pembelajaran Bahasa Inggris, Unity 3D, MDLC

Abstract

Pembuatan aplikasi ini didasarkan karena kurangnya daya tarik siswa siswa kelas 1 dan 2 SD di Sekolah Dasar BPS&K 1 Pembangunan Jakarta dalam mempelajari pelajaran Bahasa Inggris, karena pembelajaran masih dirasa cukup monoton dan kurang efektif, sehingga hasilnya belum bisa dirasakan secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi edukasi berbasis android dalam pembelajaran Bahasa Inggris dasar agar mampu meningkatkan daya tarik siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pada aplikasi ini, materi pembelajaran difokuskan dengan melihat referensi pembelajaran pada buku Grow With English terbitan penerbit Erlangga. Materi yang dipelajari untuk siswa kelas 1 adalah Alphabet, Number dan Color, sedangkan untuk siswa kelas 2 adalah Animals, Food and Drink dan My Family. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metodologi penelitian Classroom Research. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi documenter. Pengujian penelitian ini menggunakan pengujian Alpha yaitu Blackox testing dan pengujian Beta melalui perhitungan kuesioner. Software yang digunakan adalah Unity 3D dengan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo. Hasil penelitian ini adalah aplikasi edukasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis android yang dapat berjalan dengan baik, disukai dan meningkatkan daya tarik siswa, serta mendapatkan skala kelayakan sebesar 96.15% atau dalam kategori Sangat Layak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-17
How to Cite
Wahyuningrum, R., & P, A. (2022). Pembuatan Aplikasi Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Untuk Siswa Kelas 1 dan 2 Sd Berbasis Android. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 6(2), 59-70. https://doi.org/10.55886/infokom.v6i2.508