Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Leverage, dan Free Cash Flow terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi

  • Titi Ayem Lestari
  • Untara Untara
  • Anugrah Ramadhan Bagaskara
  • Yudi Irawan Chandra STMIK Jakarta STI&K
Keywords: Good Corporate Governance, Leverage, Free Cash Flow, Manajemen Laba

Abstract

Manajemen laba adalah suatu tindakan manajer dalam melakukan pemanipulasian atau perekayasaan atas laporan keuangan atau informasi akuntansi agar jumlah laba yang tercatat sesuai dengan keinginan manajer, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis data yang digunakan adalah data sekunder.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mekanisme GCG, Leverage, dan Free Cash Flow terhadap Manajemen Laba. Sampel yang digunakan adalah 6 perusahaan jasa sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Variabel independen yang digunakan adalah mekanisme GCG yang diukur dengan Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial, Leverage, dan Free Cash Flow sedang variabel dependennya adalah Manajemen Laba. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil menunjukkan bahwa secara individu hanya variabel Free Cash Flow yang berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan secara bersama- sama variabel Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Leverage, dan Free Cash Flow berpengaruh terhadap Manajemen Laba.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-29
How to Cite
Lestari, T. A., Untara, U., Bagaskara, A. R., & Chandra, Y. (2023). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Leverage, dan Free Cash Flow terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 7(1), 62-70. https://doi.org/10.55886/infokom.v7i1.590