Perancangan Sistem “Njajan” Berbasis Web Untuk Promosi Dan Pemasaran Kuliner Tradisional Di Wilayah Jepara

  • Indra Kurniawan Politeknik Balekambang Jepara
Keywords: Sistem Njajan, SDCL, Waterfall, Kuliner Tradisional

Abstract

Salah satu penggerak ekonomi adalah UMKM, UMKM makanan tradisional dapat menjadi faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi. Semakin dikenalnya makanan tradisional dapat meningkatkan roda perekonomian dan membuka lapangan kerja, hal lain yang akan terjadi yaitu membantu melestarikan tradisi dan budaya lokal. Dalam menjaga kelastiran kuliner tradisional serta mempermudah akan akses informasi terhadap kuliner tradisonal tersebut, dibutuhkan sebuah sarana yang menjadi wadah konsumen untuk mendapatkan informasi seperti lokasi, harga makanan tradisional. Oleh karena itu, dibutuuhkan sistem menggunakan web sebagai alternatif yang efisien untuk menyebarkan informasi, karena dengan menggunakan web, informasi dapat diakses lebih fleksibel diberbagai perangkat. Dalam pengembangan aplikasi “njajan” metode pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi dan wawancara. Sedangkan metode pengembangan perangkat lunak yang dipilih adalah waterfall. Metode waterfall merupakan salah satu model SDLC (Software Development Life Cycle). Pengujian terhadap aplikasi menggunakan metode black box testing, hal ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan fungsionalitas dari fitur-fitur yang telah di buat dan pengujian terhadap tampilan pada admin. Penerapan model waterfall sudah sesuai dalam perancangan sistem “njajan” berbasis web dengan menggunakan framework laravel, proyek perangkat lunak dapat berjalan dengan baik dan sesuai tahapan metode Waterfall yaitu requirement, design, implementation, verification, dan maintenance.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-30
How to Cite
Kurniawan, I. (2023). Perancangan Sistem “Njajan” Berbasis Web Untuk Promosi Dan Pemasaran Kuliner Tradisional Di Wilayah Jepara. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 7(2), 1-7. https://doi.org/10.55886/infokom.v7i2.610