Minat Beli pada Live Shopping TikTok berdasarkan Sales Promotion dan Influencer Credibility
Abstract
Media sosial sendiri memiliki banyak fungsi yang ditawarkan untuk para pengguna. Fitur Live Streaming yang awalnya hanya digunakan untuk melakukan siaran langsung untuk berkomunikasi secara real time dengan pengikut yang ada di platform tersebut, beralih fungsi menjadi tempat menjual dan memasarkan produk. Kegiatan jual-beli melalui Live Streaming ini sering disebut dengan Live Shopping. Kegiatan Live Shopping di media sosial yang ramai diperbincangkan adalah Live Shopping pada aplikasi TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mempengaruhi atau tidaknya Sales Promotion dan Influencer Credibility terhadap Minat Beli pada live shopping di TikTok. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 200 responden, yang selanjutnya diolah dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 3.3. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Sales Promotion dan Influencer Credibility secara positif dan signifikan mempengaruhi Minat Beli pada live shopping di TikTok.