Digital Game Based Learning Masa kependudukan Jepang di Indonesia Menggunakan Metode MDLC

  • Bernardo Pramudya Ananta Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Fahrezi Amri Syafiq
  • Afif Elang Yoga Purnomo

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan aplikasi multimedia interaktif menggunakan Construct 2 untuk pengembangan aplikasi kependudukan Jepang di Indonesia. Aplikasi ini mencakup materi pendidikan, kuis, dan fitur-fitur seperti audio, video, dan kuis berbasis esai. Aplikasi ini memberikan informasi yang komprehensif mengenai sejarah, kebijakan, perubahan sosial dan ekonomi, serta dampak budaya populasi Jepang di Indonesia. Pengguna dapat terlibat dalam pembelajaran melalui teks, gambar yang menarik, audio, dan konten video, serta menilai pemahaman mereka melalui kuis interaktif yang mencakup respons tipe esai. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang intuitif, yang membutuhkan pengetahuan pemrograman minimal, untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik, efektif, dan mudah diakses oleh pengguna dengan berbagai tingkat keahlian. Metodologi Desain dan Pengembangan Multimedia (MDLC) diimplementasikan untuk memastikan pendekatan yang sistematis dan terorganisir selama proses pengembangan aplikasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-31
How to Cite
Ananta, B., Syafiq, F., & Purnomo, A. E. (2024). Digital Game Based Learning Masa kependudukan Jepang di Indonesia Menggunakan Metode MDLC. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 8(1), 116-121. https://doi.org/10.55886/infokom.v8i1.831