Penerapan Model Pembelajaran Sosiodrama (Role Playing) pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial

  • Rosa Ratri Kusuma Hariningsih Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso Purwokerto
Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Sosiodrama (Role Playing), Sikap, Keterampilan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran sosiodrama (role playing) untuk mengembangkan keterampilan hidup dan berkarir, (2) mengetahui apakah model sosiodrama (role playing) mampu mengarahkan siswa memiliki keterampilan hidup dan berkarir ditinjau dari aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan. Pada penelitian ini dilakukan 1 kali sesi permainan jual beli dan siswa memainkan peran sesuai dengan pembagian tugasnya yaitu sebagai penjual atau pembeli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran sosiodrama efektif digunakan untuk mengembangkan keterampilan hidup dan berkarir secara lebih khusus dalam memainkan peran sebagai penjual dan pembeli. (2) Model pembelajaran sosiodrama mampu mengarahkan siswa dalam mengembangkan keterampilan hidup dan berkarir ditinjau dari aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan (a) Sikap siswa setelah mengikuti pelajaran dengan menggunakan model sosiodrama “Sangat Positif”. Hal ini nampak dari hasil nilai seluruh siswa yaitu 76,2%. (b) Hasil observasi keterampilan seluruh siswa saat mengikuti pembelajaran tampak bahwa dalam memainkan peran sebagai penjual dan pembeli menunjukkan kriteria “Sangat Tinggi”. Hal ini diperoleh dari hasil siswa yang menunjukkan hasil 76,19%. (c) Hasil belajar tes pengetahuan siswa dalam mengikuti pembelajaran masuk pada kriteria “Tinggi”. Hal ini didukung dengan hasil rata-rata nilai tes pengetahuan yaitu 75,07. Jika didasarkan pada pedoman standar nilai KKM sekolah, nilai tes pengetahuan seluruh siswa sudah berhasil mencapai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-31
How to Cite
Kusuma Hariningsih, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Sosiodrama (Role Playing) pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 8(1), 106-111. https://doi.org/10.55886/infokom.v8i1.882