PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PROSES PEMBELIAN KONSUMEN MOBIL MITSUBISHI EXPANDER

  • Albert Budiyanto Institut Bisnis Nusantara
Keywords: citra merek, kualitas produk, promosi, harga, keputusan pembelian

Abstract

Di dalam perkembangan dunia modern seperti saat ini kebutuhan akan alat-alat transportasi merupakan hal yang sangat penting hampir di seluruh kalangan masyarakat. Citra merupakan produk akhir dari sikap awal dan pengetahuan yang terbentuk lewat proses pengulangan yang dinamis karena pengalaman. Ketidakpuasan konsumen merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya perpindahan merek karena pelanggan yang tidak puas terhadap produk tersebut akan mencari informasi pilihan produk lain dan mungkin saja akan berhenti membeli produk tersebut atau bisa saja mempengaruhi orang lain untuk tidak lagi membeli produk tersebut. Harga adalah merupakan salah satu variabel pemasaran yang perlu diperhatikan oleh menajemen perusahaan, karena harga akan langsung mempengaruhi besarnya volume penjualan dan laba yang dicapai oleh perusahaan. Kebijaksanaan perencanaan produk, penyaluran barang maupun penggunaan media promosi yang baik tidak akan menghasilkan sesuatu bila kebijaksanaan tentang harga tidak ikut diperhatikan.

Dari penelitian didapat bahwa ada pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi dan Harga secara bersama-sama daqn parsial terhadap Proses  Keputusan Pembelian Konsumen Mobil MITSUBISHI EXPANDER.

References

[1] Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Buku 1, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2009.
[2] Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2, CV ANDI OFFSET, Yogyakarta, 2007.
[3] Basu Swastha, Irwan, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi II, penerbit Liberty, Yogyakarta, 1997.
[4] Rosvita Dua Lembang, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro, Semarang, 2010.
[5] Danang Sunyoto, Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran, Penerbit CAPS (Center For Academic Publishing Service) Tahun 2012
[6] Philip Kotler dan Gary Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1, Penerbit PT Prenhallindo, Jakarta, 1997.
[7] Ali Hassan, Marketing dan Kasus – kasus Pilihan, Cetakan 1, CAPS, Yogyakarta, 2013.
[8] Dimas Ariyanto Putra, Moh. Hufron Dan Afi Rachmat Slamet, Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya Di Kota Malang (Studi Kasus Pembelian Mobil Toyota Agya Di Dealer Toyota Kartika Sari Malang), 2017
[9] Bunga Aditi dan H. M. Hermansyur, Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan, 2018
[10] Imam Chabibi, Leonardo Budi Hasiholan, Cicik Harini, Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Pembelian Sebagai Intervening (Studi Kasus Dealer Jaya Motor Semarang), 2018
[11] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit CV Alfabeta, Bandung, 2014.
[12] Umar, Husen, Metode Riset Prilaku Organisasi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.
[13] Sofyan Yamin dan Heri Kurniawan, SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS, Penerbit Salemba Infotej, Jakarta 2009.
Published
2018-12-21
How to Cite
Budiyanto, A. (2018). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PROSES PEMBELIAN KONSUMEN MOBIL MITSUBISHI EXPANDER. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(3), 202-222. https://doi.org/10.55886/esensi.v21i3.139