-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 26 No 3 (2023)
ESENSI edisi ini berisi delapan tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara serta berbagai perguruan tinggi lainnya.
Tulisan pertama adalah ”Analisis Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba”
Tulisan kedua adalah “Internet Marketing ‘Gerakan Hidup Sehat/GHS Dalam Menciptakan Brand Awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea Oleh Marketing Communication PT. Herbalife Nutrition Indonesia”
Tulisan ketiga adalah “Financial Education and Financial Literacy on Micro Entrepreneur Growth in Indonesia”
Tulisan keempat adalah “Pengaruh Kompensasi, Sikap Profesional dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Syiwa Jakarta’”
Tulisan kelima adalah “Pengaruh Worklife Balance dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Angkasa Indah Mitra”
Tulisan keenam adalah “Pengaruh Strategi Multi Segmen Serta Persistensi Laba Terhadap Earnings Response Coefficient dengan Kualitas Audit sebagai Pemoderasi ”
Tulisan ketujuh adalah "Tarif Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21 atas Penghasilan Sehubungan dengan Pekerjaan, Jasa, atau Kegiatan Wajib Pajak Orang Pribadi"
Tulisan Terakhir adalah "Pengaruh Penggunaan Break-Even-Point Dalam Perencanaan, Pengendalian, dan Pengambilan Keputusan Pada PT. Derazona Air Service"
Demikian isi ESENSI Edisi Desember 20223, Volume 26 No. 3 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,F. Agung Himawan, SE, MM
-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 26 No 2 (2023)
ESENSI edisi ini berisi enam tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara serta berbagai perguruan tinggi lainnya.
Tulisan pertama adalah ”Paket Remunerasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Karyawan Penjualan Di PT. X”
Tulisan kedua adalah “Praktek Akuntansi Biaya dan Penghitungan Harga Pokok Jasa Perusahaan Penerbangan Charter Helicopter di Indonesia”
Tulisan ketiga adalah “Analisis Kinerja Keuangan PT XYZ (Studi Komparatif Sebelum & Saat Pandemi Covid 19)”
Tulisan keempat adalah “Rancang Bangun Sistem Manajemen Absensi Karyawan Pada PT. Gema Istana Artha Berbasis Website”
Tulisan kelima adalah “Pengaruh Kualitas Produk, Brand Equity dan Suasana Terhadap Keputusan Pembelian
Tulisan keenam adalah “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Haleyora Power”
Demikian isi ESENSI Edisi Desember 20223, Volume 26 No. 2 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,F. Agung Himawan, SE, MM
-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 26 No 1 (2023)
ESENSI edisi ini berisi delapan tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara serta berbagai perguruan tinggi lainnya.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Dimensi-Dimensi Work-Life Balance Terhadap Kualitas Kerja”
Tulisan kedua adalah “Upaya Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tingggi Keagamaan di Era Revolusi Indsutri 4.0; Society 5.0”
Tulisan ketiga adalah “Prosedur Quality Control Pada PT JST Indonesia”
Tulisan keempat adalah “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perusahaan Sektor Pertanian Dalam Melakukan Pengungkapan Lingkungan”
Tulisan kelima adalah “Manajemen Arus Kas Perusahaan Helikopter Melalui Program Support By Hours (SBH) dengan Perusahaan Manufaktur Mesin Helikopter”
Tulisan keenam adalah “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Haleyora Power”
Tulisan ketujuh adalah "Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja Dan Sikap Profesional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Indah Mitra"
Tulisan kedelapan adalah "Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pada Traveloka"
Demikian isi ESENSI Edisi Desember 20223, Volume 26 No. 2 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,F. Agung Himawan, SE, MM
-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 25 No 3 (2022)
ESENSI edisi ini berisi delapan tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara serta berbagai perguruan tinggi lainnya.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Keterlibatan Kerja, Kompensasi dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Pada PT. Angksa Indah Mitra”
Tulisan kedua adalah “Pengaruh Disiplin Kerja dan Sikap Profesional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kurnia Oryza Reksa Perkasa”
Tulisan ketiga adalah “Pengaruh Celebrity Endorser Hasyakyla Utami Terhadap Brand Image Produk Emina Cosmetics”
Tulisan keempat adalah “Fear Appeal (Rasa Takut) Dalam Promosi Melalui Iklan Televisi”
Tulisan kelima adalah “Pengaruh Likuiditas, Leverage , Manajemen Laba, dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak”
Tulisan keenam adalah “Pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian”
Tulisan ketujuh adalah “Pengungkapan Corporate Internet Reporting pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya”
Tulisan kedelapan adalah "Pengaruh Financial Sustainability, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2015-2019"
Tuliskan kesembilan adalah "Pelayanan Pelanggan Menggunakan Komunikasi Verbal di Adira Finance Zainul Arifin Jakarta Pusat"
Demikian isi ESENSI Edisi Desember 2022, Volume 25 No. 3 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,F. Agung Himawan, SE, MM
-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 25 No 2 (2022)
ESENSI edisi ini berisi delapan tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara serta berbagai perguruan tinggi lainnya.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Stres Kerja, Lingkungan Kerja, Kompensasi dan Pengembangan Karier terhadap Turnover Intention Karyawan pada PT. Nesitor”
Tulisan kedua adalah “Analisis Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Pemoderasi”
Tulisan ketiga adalah “Pengaruh Current Ratio, Quick Ratio dan Debt To Assets Ratio terhadap Return On Assets dengan Total Assets Turnover sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate dan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018”
Tulisan keempat adalah “Representasi Optimisme dalam Iklan Mcdonald’s Versi ‘Selalu Ada Cara Untuk Wujudkan Harapan’”
Tulisan kelima adalah “Komunikasi Pemasaran Merek Philip Morris Bold”
Tulisan keenam adalah “Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Prima Cipta Graha”
Tulisan ketujuh adalah “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga dengan Kepuasan Pelanggan di Restoran Joe’s Grill Swiss Bell-Hotel Mangga Besar”
Tulisan kedelapan adalah “Pengaruh Kinerja dan Ukuran Perusahaan terhadap Tindakan Penghindaran Pajak”
Demikian isi ESENSI Edisi Agustus 2022, Volume 25 No. 2 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,F. Agung Himawan, SE, MM
-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 25 No 1 (2022)
ESENSI edisi ini berisi delapan tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan, akuntansi dan komunikasi, menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara serta berbagai perguruan tinggi lainnya.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Motivasi, Emotional Quotient dan Adversity Quotient terhadap Kinerja Guru pada Lembaga Pendidikan Informal di Wilayah Bogor”Tulisan kedua adalah “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Citra Merek Serta Implikasinya terhadap Minat Beli Motor Honda BeAT Series”
Tulisan ketiga adalah “Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Audit Tenure dan Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Keuangan”
Tulisan keempat adalah “Analisis Strategi Pemasaran Hijau Bank Sampah dalam Menciptakan Perilaku Hijau pada Konsumen Bank Sampah Bersinar”
Tulisan kelima adalah “Publikasi ‘Emado’s Shawarma: Puas Makan Satu Ekor Ayam Panggang Palestina yang Empuk dan Juicy’ dalam Menciptakan Brand Awareness Menu Roasted Chicken oleh Marketing Communication PT. Emado’s Kebab Indonesia”
Tulisan keenam adalah “Peran Organisasi Dalam Peningkatan Keinovatifan Karyawan PT. XYZ (Studi Kasus Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Transformasional)”
Tulisan ketujuh adalah “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan The Koffee Jakarta”
Tulisan kedelapan adalah “Pengaruh Pertumbuhan, Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Textile Dan Garment Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2020”
Demikian isi ESENSI Edisi April 2022, Volume 25 No. 1 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,F. Agung Himawan, SE, MM
-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 24 No 3 (2021)
ESENSI edisi ini berisi dua belas tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara serta berbagai perguruan tinggi lainnya.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Servant Leadership, Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja PNS pada Kota Administrasi Jakarta Pusat”
Tulisan kedua adalah “Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy, Kepuasan Kerja dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Neotekno Nusantara”
Tulisan ketiga adalah “Pengaruh Kinerja Lingkungan, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Lingkungan pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020”
Tulisan keempat adalah “Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Tindakan Perataan Laba dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Pemoderasi”
Tulisan kelima adalah “Pengaruh Efektivitas e-Learning Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Dampaknya pada Loyalitas Mahasiswa di Institut Bisnis Nusantara”
Tulisan keenam adalah “Pengaruh Persepsi Kualitas Merek dan Kepercayaan pada Kampanye Green Marketing Terhadap Intensi Pembelian Produk Ramah Lingkungan: Studi Kasus KFC Indonesia”
Tulisan ketujuh adalah “Analisis Wacana Kritis Terhadap Press Release AXA Financial Indonesia tentang Layanan Khusus bagi Nasabah Infeksi Virus Corona Covid-19 dalam Mempertahankan Brand Trust”
Tulisan kedelapan adalah ”Pengaruh Current Ratio, Debt Equity Terhadap Return On Asset Dengan Size sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020”
Tulisan kesembilan adalah “Direct Marketing ‘Galaxy Care’ dalam Mempromosikan Pru Prime Healthcare Plus oleh Marketing Communication PT. Prudential Life Assurance”
Tulisan kesepuluh adalah “Komitmen Terhadap Organisasi, pada Karyawan Generasi Y”
Tulisan kesebelas adalah “Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada PT. Sunggong Logistics Jakarta”
Tulisan kedua belas adalah “Pengaruh CSR, Asimetri dan ROA terhadap Real Earnings Management dengan Pemoderasi Size”
Demikian isi ESENSI Edisi Desember 2021, Volume 24 No. 3 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
F. Agung Himawan, SE, MM -
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 24 No 2 (2021)
ESENSI edisi ini berisi sembilan tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara serta berbagai perguruan tinggi lainnya.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Intellectual Capital”
Tulisan kedua adalah “Faktor-faktor yang Memengaruhi Financial Sustainability Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”
Tulisan ketiga adalah “Analisis Pengaruh antara Fashion Orientation dan Country of Origin Terhadap Persepsi Kualitas Merek-merek Pakaian dari Benua Eropa”
Tulisan keempat adalah “Sales Promotion ‘Solusi Tepat dalam Genggaman’ dalam Menciptakan Brand Awareness Paket Kredit Mobil Pilihan BCA Finance-Garasi.Id oleh Marketing Communication PT. BCA Finance Cabang Wisma Pondok Indah”
Tulisan kelima adalah “Implikasi Inclusive Business dalam Upaya Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (Perlunya Transformasi Bisnis pada Kondisi Pandemik Covid-19)”
Tulisan keenam adalah “Pengaruh Celebrity Endorser Abel Cantika Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image Situs Belanja Online Lazada bagi Akun Fansbase Teamnyoy”
Tulisan ketujuh adalah “Menggali Nilai-nilai Pancasila sebagai Spiritualitas yang Memerdekakan”
Tulisan kedelapan adalah ”Pengaruh Pelatihan Profesional, Pertimbangan Pasar Kerja, Penghargaan Finansial, Personalitas Terhadap Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karier Sebagai Auditor (Studi Empiris pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)”
Tulisan kesembilan adalah “Analisis Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba”
Tulisan terakhir adalah "Strategi Personal Selling Dalam Mencapai Kepuasan Konsumen"
Demikian isi ESENSI Edisi Agustus 2021, Volume 24 No. 2 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Agung Himawan, SE, MM
-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 24 No 1 (2021)
ESENSI edisi ini berisi sepuluh tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Intellectual Capital, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen dan Komite Audit terhadap Kinerja Keuangan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Pemoderasi (Pada Perusahaan Jasa Keuangan yang terdaftar di BEI periode 2014-2018)”
Tulisan kedua adalah “Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Suryamas Gemilang Lubricant”
Tulisan ketiga adalah “Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan Barista dan Promosi di Media Sosial terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Himpunan Kopi Jakarta”
Tulisan keempat adalah “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”
Tulisan kelima adalah “Analisis Elemen-elemen Brand Equity pada Sinetron Dunia Terbalik”
Tulisan keenam adalah “Pengaruh Current Ratio, Return On Asset terhadap Ukuran Perusahaan dengan Debt To Equity Ratio sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019”
Tulisan ketujuh adalah “Pengaruh Inflasi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada Periode Tahun 2010-2020”
Tulisan kedelapan adalah ”Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Kerja pada Karyawan PT. Asji Jakarta”
Tulisan kesembilan adalah “Dimensi-dimensi Organizational Citizenship Behavior dalam Perspektif Islam”
Tulisan kesepuluh adalah “Pengaruh Audit Tenure, Pertumbuhan Perusahaan, Komisaris Independen dan Komite Audit terhadap Opini Audit Going Concern dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)”
Tulisan kesebelas adalah “Strategi Personal Selling Dalam Mencapai Kepuasan Konsumen”
Demikian isi ESENSI Edisi April 2021, Volume 24 No. 1 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
F. Agung Himawan, SE, MM -
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 23 No 3 (2020)
ESENSI edisi ini berisi dua belas tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian pada Online Shop Sociolla”
Tulisan kedua adalah “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi, Stres Kerja dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kelola Jasa Artha”
Tulisan ketiga adalah “Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 02 tentang Laporan Realisasi Anggaran (Studi pada Kantor Suku Dinas Perhubungan)”
Tulisan keempat adalah “Pengaruh Pajak, Profitabilitas, Leverage, Dan Kualitas Audit Terhadap Penetapan Transfer Pricing”
Tulisan kelima adalah ”Analisis Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Accounting Irregularities dengan Moderasi Kualitas Audit pada Perusahaan Manufaktur yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018”
Tulisan keenam adalah “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Auditan kepada Stakeholder”
Tulisan ketujuh adalah “Pengaruh Persepsi dan Sikap terhadap Motivasi serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian Online di Masa Pandemi”
Tulisan kedelapan adalah “Pengaruh Efektivitas Work From Home terhadap Loyalitas dan Kinerja Karyawan Kantor Imigrasi Bitung”
Tulisan kesembilan adalah “Evaluasi Implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah pada SMK Negeri 3 Jakarta”
Tulisan kesepuluh adalah “Dimensi dan Indikator Kepemimpinan dan Budaya Organisasi yang Mempengaruhi Pemberdayaan”
Tulisan kesebelas adalah “PHK pada Masa Pandemi Covid-19”
Tulisan kedua belas adalah “Analisis Pengaruh NPL, NIM, LDR, CAR terhadap ROA pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2018”
Demikian isi ESENSI Edisi Desember 2020, Volume 23 No. 3 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Agung Himawan, SE, MM
-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 23 No 2 (2020)
ESENSI edisi ini berisi sembilan tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ” Pengaruh Motivasi dan Emotional Intelligence terhadap Kinerja Guru Pada Lembaga Pendidikan Non-Formal di Wilayah Tangerang, Banten”
Tulisan kedua adalah “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Lisensi Diving Pada Perusahaan PADI Corp”
Tulisan ketiga adalah “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas dan Pengelolaan Perusahaan, Terhadap Praktik Perataan Laba (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2017)”
Tulisan keempat adalah “Analisis Pengaruh Fraud Pentagon terhadap Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014 - 2018”
Tulisan kelima adalah ” Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba”
Tulisan keenam adalah “Manajemen Peningkatan Mutu: Evaluasi Rumusan Program Manajemen Berbasis Sekolah pada Satuan Pendidikan (Tinjauan Literatur)”
Tulisan ketujuh adalah “Pandemi Covid-19 dan Kinerja Dosen (Study Kasus Kinerja Dosen Pada PT XYZ)”
Tulisan kedelapan adalah “Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19”
Tulisan kesembilan adalah “Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Ultra Sakti”
Demikian isi ESENSI Edisi Agustus 2020, Volume 23 No. 2 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Agung Himawan, SE, MM
-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 23 No 1 (2020)
ESENSI edisi ini berisi enam tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara serta dari perguruan tinggi lain.
Tulisan pertama adalah ” Analisis Pengaruh Financial Distress, Leverage, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Audit Report Lag pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018”
Tulisan kedua adalah “Motif Pengunjung Kedai Kopi di Jakarta”
Tulisan ketiga adalah “Fraud Ditinjau dari Falsafah Sains dan Etika Bisnis Kasus Mega Korupsi PT Asuransi Jiwasraya”
Tulisan keempat adalah “Pengaruh Gender dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT XYZ)”
Tulisan kelima adalah ”Pengaruh Sumber Informasi Internal dan Eksternal Terhadap Ekspektasi Layanan Perusahaan Penerbangan Garuda Indonesia”
Tulisan keenam adalah “The Effect of Corporate Governance on Earnings Management”
Demikian isi ESENSI Edisi April 2020, Volume 23 No. 1 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
F. Agung Himawan, SE, MM -
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 22 No 3 (2019)
ESENSI edisi ini berisi sepuluh tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Stimuli Pemasaran; Product/Service, Price, Promotion, Place Terhadap Proses Keputusan Siswa Memilih Bimbel”
Tulisan kedua adalah “Pengaruh JKT48 Sebagai Celebrity Endorser, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat”
Tulisan ketiga adalah “Pengaruh Cash Ratio, Net Profit Margin, Debt To Equity Ratio, dan Firm Size Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017)”
Tulisan keempat adalah “Analisis Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Integritas Laporan Keuangan dengan Moderasi Kualitas Audit Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017”
Tulisan kelima adalah ” Pengaruh Diversifikasi Usaha Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi”
Tulisan keenam adalah “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia”
Tulisan ketujuh adalah “Pengaruh Hasil Pengumuman Pemilihan Presiden 2019 Terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia”
Tulisan kedelapan adalah “Perbandingan Tanggapan antara Konsumen Pria dan Wanita atas Bauran Pemasaran Transportasi Ojek Online”
Tulisan kesembilan adalah “Pengaruh Leader Member-Exchange (LMX) dan Keadilan Organisasi Terhadap Komitmen Berkelanjutan (Studi Kasus: Guru-guru SMA Negeri di Jakarta Pusat)”
Tulisan kesepuluh adalah “Tantangan Perusahaan Mengelola Perbedaan Generasi Karyawan”
Demikian isi ESENSI Edisi Desember 2019, Volume 22 No. 3 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
F. Agung Himawan, SE, MM -
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 22 No 2 (2019)
ESENSI edisi ini berisi delapan tulisan, yang terkait dengan manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah “Pengaruh Bauran Pemasaran Produk, Gaya Hidup dan Hijau terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop di Jakarta”
Tulisan kedua adalah “Kompetensi Praktisi SDM Menghadapi Era Indusri 4.0”
Tulisan ketiga adalah “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Proses Keputusan Pembelian pada Gerai Kopi Starbucks di Senayan City”
Tulisan keempat adalah “Komparasi Perencanaan Strategis (Renstra) Kemendikbud dan SMA Negeri 68 Jakarta Berdasarkan Analisis Teori”
Tulisan kelima adalah “Analisis Pengaruh Financial Stability, Ineffective Monitoring dan Rationalization terhadap Integritas Laporan Keuangan dalam Perspektif Fraud Triangle pada Perusahaan Manufaktur yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016”
Tulisan keenam adalah “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI”
Tulisan ketujuh adalah “Problema Etika dalam Era Baru Manajemen”
Tulisan kedelapan adalah “Pengaruh Kepemilikan Saham, Profitabilitas, Leverage dan Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Pemoderasi”
Demikian isi ESENSI Edisi April 2019, Volume 22 No. 1 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Bernard E. Silaban, SE, MM
-
ESENSI: Jurnal Manajemen BisnisVol 22 No 1 (2019)
ESENSI edisi ini berisi lima tulisan, yang terkait dengan manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah “Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Pemoderasi”
Tulisan kedua adalah “Pengaruh DER, ROA, CR dan Reputasi Auditor terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur dan Property Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016”
Tulisan ketiga adalah “Analisis Strategi Personal Selling Marketing Communication di PT. INFOGLOBAL (Contoh Kasus Produk Aplikasi Pertahanan Markas Besar TNI Angkatan Udara di Jakarta)”
Tulisan keempat adalah “Pengaruh Return On Asset, Current Ratio, Earning Per Share, dan Debt Equity Ratio terhadap Return Saham pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017”
Tulisan kelima adalah “Aplikasi Pelayanan Jasa pada Laundry Berbasis Android untuk Meningkatkan Pelayanan di Bisnis Laundry Pos”
Demikian isi ESENSI Edisi April 2019, Volume 22 No. 1 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Bernard E. Silaban, SE, MM
-
JURNAL ESENSIVol 21 No 2 (2018)
KATA PENGANTAR
ESENSI edisi ini berisi sembilan tulisan, yang terkait dengan manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Firm Size Sebagai Pemoderasi (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)”
Tulisan kedua adalah “Perbandingan Elemen-Elemen Brand Equity Toko Online Bukalapak dan Tokopedia”
Tulisan ketiga adalah “Evaluasi Implementasi Kebijakan Publik (Studi Kasus: Evaluasi Implementasi Kebijakan UN SD Di Kota Madya Jakarta Pusat)”
Tulisan keempat adalah “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kidzania - PT. Aryan Indonesia”
Tulisan kelima adalah ” Kompetensi Pemimpin Menghadapi Abad 21”
Tulisan keenam adalah “Adverse Selection In Bid Ask Spread For Indonesian Blue Chip Stocks”
Tulisan ketujuh adalah “Pengaruh Quality Control Circle Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Astra International Tbk.”
Tulisan kedelapan adalah “Total Quality Management (TQM) Di Perguruan Tinggi”
Tulisan kesembilan adalah “Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Asset, Current Ratio Dan Reputasi Auditor Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014”
Demikian isi ESENSI Edisi Agustus 2018, Volume 21 No. 2 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Bernard E. Silaban, SE, MM
-
JURNAL ESENSIVol 21 No 1 (2018)
KATA PENGANTAR
ESENSI edisi ini berisi enam tulisan, yang terkait dengan manajemen keuangan, manajemen pemasaran, teknologi informasi, keuangan dan akuntansi. Menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Kepemilikan Institusional Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 - 2015)”
Tulisan kedua adalah “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Cash Holdings Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia”
Tulisan ketiga adalah “Pengaruh Personal Selling Marketing PT. Shide Lestari Indonesia (SLI) Terhadap Brand Knowledge Produk UPVC”
Tulisan keempat adalah “Perancangan Sistem Pemesanan Dan Penjualan Berbasis Online Untuk Apotek Studi Kasus Apotek Guna Sehat Jakarta”
Tulisan kelima adalah ”Pengaruh Bentuk Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bagi Pengguna Member Biru Indogrosir Di Jakarta”
Tulisan keenam adalah “Program Berbayar Advertorial PT. Sidomuncul Pada Media Televisi Studi Kasus Info Niaga Indosiar”
Demikian isi ESENSI Edisi April 2018, Volume 21 No. 1 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Bernard E. Silaban, SE, MM
-
JURNAL ESENSIVol 20 No 3 (2017)
KATA PENGANTAR
ESENSI edisi ini berisi Sebelas tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, sumber daya manusia, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas dan Firm Size Terhadap Keputusan Investasi”
Tulisan kedua adalah “Evaluasi Rumusan Kebijakan Publik (Studi Kasus : Evaluasi Rumusan Kebijakan UN SD di Kota Madya Jakarta Pusat)”
Tulisan ketiga adalah “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Utang dan Struktur Aset Terhadap Harga serta Return Saham dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Pemoderasi”
Tulisan keempat adalah “Kontrak Psikologis dan Kepuasan Kerja Karyawan”
Tulisan kelima adalah ” Analisis Pengaruh EBIT, EAT, EPS, DER dan Harga Saham Terhadap Per Perusahaan Yang Terdaptar Dalam Indeks LQ 45 Periode 2011-2014”
Tulisan keenam adalah “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Smartphone Merek Samsung”
Tulisan ketujuh adalah “Pengaruh ROE, DER, Dan TATO Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015”
Tulisan kedelapan adalah “Perubahan Pengetahuan Setelah Mengikuti Pelatihan Training Of The Trainers Pada PT. Bridgestone Tire Indonesia”
Tulisan Kesembilan adalah “Membangun Visi Perusahaan”
Tulisan Kesepuluh adalah “Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitabilitas, Solvabilitas dan Likuiditas Terhadap Return Saham”
Tulisan kesebelas adalah “Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Economic Value Added (EVA) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2015”
Demikian isi ESENSI Edisi Desember 2017, Volume 20 No. 3 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Bernard E. Silaban, S.E., M.M.
-
JURNAL ESENSIVol 20 No 2 (2017)
KATA PENGANTAR
ESENSI edisi ini berisi delapan tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, sumber daya manusia, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ”Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone”
Tulisan kedua adalah “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, Dividend Payout Ratio, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Dengan Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Sebagai Faktor Pemoderasi”
Tulisan ketiga adalah “Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai PT. Nur Medinah Intermedia”
Tulisan keempat adalah “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Waskita Karya (PERSERO) TBK”
Tulisan kelima adalah ”Pengaruh Audit Tenure, Kualitas Audit, Mekanisme Corporate Governance Terhadap Integritas Laporan Keuangan”
Tulisan keenam adalah “Pengaruh ROE, DER, Dan TATO Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015”
Tulisan ketujuh adalah “Penilaian Kompetensi Level Direktur pada Assessment Center”
Tulisan kedelapan adalah “Urgensi Etika Bisnis di Era Global”
Demikian isi ESENSI Edisi Agustus 2017, Volume 20 No. 2 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Bernard E. Silaban, S.E., M.M.
-
JURNAL ESENSIVol 20 No 1 (2017)
KATA PENGANTAR
ESENSI edisi ini berisi Enam tulisan, yang terkait dengan diversifikasi perusahaan, manajemen laba, kinerja keuangan, business negotiation, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ”Pengaruh Diversifikasi Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 - 2015)”
Tulisan kedua adalah “Studi Tentang Kinerja Keuangan Dan Tingkat Pengembalian Saham Dalam Fenomena Underpricing Initial Public Offering (IPO) Di Bursa Efek Indonesia”
Tulisan ketiga adalah “Aspects of Difficulty of Conditional Sentences In Business Negotiation”
Tulisan keempat adalah “Pengaruh Blockholder Ownership, Pertumbuhan, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Utang”
Tulisan kelima adalah ”Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kebijakan Dividen, Likuiditas Dan Manajemen Asset Terhadap Harga Saham Yang Dimoderasi Oleh Kualitas Audit (Sektor Properti, Real Estate Dan Konstruksi Di Bei Periode 2011-2015)”
Tulisan keenam adalah “Pengaruh Manajemen Laba, IOS, ROA, NPM dan PER Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur”
Demikian isi ESENSI Edisi April 2017, Volume 20 No. 1 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Bernard E. Silaban, S.E., M.M.
-
JURNAL ESENSIVol 19 No 3 (2016)
KATA PENGANTAR
ESENSI edisi ini berisi tujuh tulisan, yang terkait dengan manajemen, pemasaran, sumber daya manusia, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ”Determinan Struktur Modal dan Nilai Perusahaan”
Tulisan kedua adalah “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Iphone”
Tulisan ketiga adalah “Penerapan Biaya Standar Menggunakan Sistem Biaya dalam Proses Produksi Elevator Untuk Mengukur Efisiensi Biaya Produksi pada PT. HEI”
Tulisan keempat adalah “Peningkatan Produktivitas Melalui Aspek-Aspek Kompensasi PT. XYZ”
Tulisan kelima adalah ”Analisis Pengaruh Biaya Bauran Promosi terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. R’trans Logistics”
Tulisan keenam adalah “Budaya Organisasi dan Revolusi Mental”
Tulisan ketujuh adalah “Investigasi Penyajian Penghasilan Komprehensif Lain dan Komponennya pada Industri Barang Konsumsi Pasca IFRS”
Demikian isi ESENSI Edisi Desember 2016, Volume 19 No. 3 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Bernard E. Silaban, S.E., M.M.
-
JURNAL ESENSIVol 19 No 2 (2016)
KATA PENGANTAR
ESENSI edisi ini berisi sembilan tulisan, yang terkait dengan manajemen, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.
Tulisan pertama adalah ” Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Pengadaan Dan Kepangkatan Badan Kepegawaian Negara”
Tulisan kedua adalah “Kebijakan Dividen dan Siklus Hidup Perusahaan”
Tulisan ketiga adalah “Pengaruh Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap
Tulisan keempat adalah “Peningkatan Produktivitas Kerja Melalui Pemberian Insentif dan Pemenuhan Kepuasan Kerja Karyawan Divisi Pemasaran PT XYZ”
Tulisan kelima adalah ”Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba”
Tulisan keenam adalah “Perbandingan Ekuitas Merek Sepatu Olahraga Nike dan Adidas”
Tulisan ketujuh adalah “Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan”
Tulisan kedelapan adalah “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderating Pada Yayasan Asti Dharma”
Tulisan kesembilan adalah “Kepemimpinan Kharismatik yang Visioner”
Demikian isi ESENSI Edisi Agustus 2016, Volume 19 No. 2 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.
Salam,
Pemimpin Redaksi,
Bernard E. Silaban, S.E., M.M.