• Cover Esensi Vol.18 No.1 April 2015 JURNAL ESENSI
    Vol 18 No 1 (2015)

    KATA PENGANTAR

    ESENSI edisi ini berisi tujuh tulisan, yang terkait dengan manajemen, keuangan dan akuntansi menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Institut Bisnis Nusantara.

    Tulisan pertama adalah “Pengaruh Budaya Organisasi dan Perilaku Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan”. Tulisan ini menganalisis pengaruh budaya organisasi dan perilaku pemimipin dalam peningkatan kepuasan kerja

    Tulisan kedua adalah “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Penawaran Umum Perdana Di BEI Tahun 2008–2012”. Merupakan penelitian yang menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

    Tulisan ketiga adalah .”Sistem Penerimaan Piutang Pada Perusahaan Pembiayaan PT MCS”. Penelitian ini mengkaji mengenai sistem penerimaan piutang pada perusahaan pembiayaan.

    Tulisan keempat adalah “Komodifikasi Nilai-Nilai Keluarga Iklan Pepsodent Versi “Gantian Donk!””. Suatu kajian mengenai nilai-nilai keluarga yang dapat dipetik dari bahasa iklan produk konsumer.

    Tulisan kelima adalah ”Peningkatan Mutu Karyawan Melalui Assesment Center”. Tulisan ini membahas pusat penilaian untuk peningkatan mutu karyawan perusahaan.

    Tulisan keenam adalah “Analisis Pendidikan Bermakna dan Transformasi Sosial Budaya”. Merupakan kajian yang menganalisis bidang pendidikan yang bermakna dalam transformasi sosial budaya.

    Tulisan ketujuh adalah “Pengaruh Pemberdayaan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Ithaca Resources Jakarta”. Merupakan tulisan yang menganalisis pengaruh pemberdayaan dan motivasi terhadap kinerja karyawan.

    Demikian isi ESENSI Edisi Agustus 2015, Volume 18 No. 1 ini, selamat membaca dan mari terus memajukan budaya keilmuan dan intelektualitas kita.

    Salam,

    Pemimpin Redaksi,

    Bernard E. Silaban, S.E., M.M.

  • JURNAL ESENSI
    Vol 15 No 3 (2012)

    ESENSI edisi kali ini menampilkan beberapa hasil kajian dari staf pengajar dan praktisi bisnis. Tulisan pertama adalah “Transmission Of Stock Return Volatility In Indonesia(IHSG), Towards USA(DJIA), Hongkong(HSII), And Singapore(STI)” Suatu kajian mengenai volatilitas tingkat pengembalian saham di Indonesia, USA, Hongkong dan Singapore.
    Kemudian tulisan berikutnya membahas ”Analisis Pengaruh Nilai Saham Yang Beredar, Struktur Modal, dan Suku Bunga Terhadap Return Saham Di BEI (Studi Kasus Pada Sektor Aneka Industri Periode Januari 2007– September 2010 )”. Tulisan yang membahas Pengaruh nilai saham yang beredar, Struktur Modal, dan Suku Bunga terhadap Return Saham Di BEI pada sektor aneka industri.
    Tulisan ketiga adalah ”Analisa Kepuasan Konsumen Dunia Fantasi Pada PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk”. Penelitian ini meng-analisis kepuasan konsumen tempat hiburan Dunia Fantasi Ancol.
    Tulisan keempat adalah “Analisis Efektifitas Pelatihan Training For The Trainers Pada PT Telkomsel”. Tulisan ini untuk melihat seberapa efektif Pelatihan bagi Pelatih studi kasus PT Telkomsel.
    Tulisan terakhir mengenai “Analisis Targeting Dan Positioning Pasar Jasa Pendidikan Untuk Institut Bisnis Nusantara” Merupakan penelitian yang menganalisis target dan posisioning pasar jasa perguruan tinggi .
    Demikian isi ESENSI nomor ini, selamat membaca, dan mari majukan terus budaya keilmuan kita.
    Salam,
    Pemimpin Redaksi,
    Bernard E. Silaban, SE, MM

  • JURNAL ESENSI
    Vol 15 No 1 (2012)

    KATA PENGANTAR

    ESENSI edisi kali ini menampilkan beberapa hasil kajian dari staf pengajar dan praktisi bisnis. Tulisan pertama adalah “Pengaruh Konflik terhadap Kinerja Karyawan”. Suatu kajian mengenai pengaruh konflik terhadap karyawan dalam bekerja.

    Kemudian tulisan berikutnya membahas ” Analisis Prioritas Pekerjaan Konsultan Pengawas Terhadap Penyelesian Pembangunan Jalan Raya Betungan –Bandara Fatmawati-Tapak Paderi di Bengkulu Dengan Menggunakan Metode AHP.

    Tulisan ketiga adalah ”Analisis Pengendalian Internal pada Perusahaan Jasa Studi Kasus PT Akita Jaya ”. Penelitian ini mengkaji pengendalian internal piutang pada perusahaan jasa servis mobil.

    Tulisan keempat adalah “Pengaruh Kepemimpinan, Penghargaan, Struktur Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Efektivitas Organisasi Di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta”. Tulisan ini menganalisis pengaruh Kepemimpinan, Penghargaan, Struktur Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Efektivitas Organisasi pada pemerintah daerah.

    Tulisan terakhir mengenai “Analisis Kebijakan dan Pengambilan Keputusan : Perdebatan, Kompromi dan Pemetaan Analisis Kebijakan”. Merupakan penelitian yang menganalisis kebijakan dan pengambilan keputusan.

    Demikian isi ESENSI nomor ini, selamat membaca, dan mari majukan terus budaya keilmuan kita.

    Salam,
    Pemimpin Redaksi,


    Bernard E. Silaban, SE, MM

  • JURNAL ESENSI
    Vol 14 No 1 (2011)

    ESENSI edisi kali ini menampilkan beberapa hasil kajian dari staf pengajar dan praktisi bisnis. Tulisan pertama adalah “Informasi Teknologi di Dalam Marketing”. Suatu kajian mengenai perkembangan Teknologi Informasi dan aplikasinya dalam pemasaran.
    Kemudian tulisan berikutnya membahas ”Riset Segmentasi Konsumen Jasa Pendidikan untuk STIE Nusantara”. Tulisan yang membahas penelitian segmentasi konsumen pengguna jasa pendidikan.
    Tulisan ketiga adalah ”Mengoptimalkan Partisipasi Masyarakat Dalam Mewujdukan Keefektifan Sekolah Di SMA Cahaya Sakti”. Penelitian ini mengkaji partisipasi masyarakat dalam mewujudkan efektifitas sekolah.
    Tulisan keempat adalah “Manajemen Sistem LBB “Prosus Inten” Jakarta Sebagai Pelopor Program Khusus (Prosus) Dengan Metode Quantum Learning”. Tulisan ini membahas mengenai manajemen lembaga bimbingan belajar yang memelopori program khusus dengan metode QL.
    Tulisan terakhir mengenai “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi yang Ditetapkan oleh PT Mustika Ratu Tbk. Penelitian yang menganalisis perhitungan harga pokok produksi yang diterapkan perusahaan dibandingkan dengan metode biaya penuh(full costing).
    Demikian isi ESENSI nomor ini, selamat membaca, dan mari majukan terus budaya keilmuan kita.
    Salam,
    Pemimpin Redaksi,
    Bernard E. Silaban, SE, MM

  • JURNAL ESENSI
    Vol 13 No 3 (2010)

    ESENSI edisi kali ini menampilkan beberapa hasil kajian dari staf pengajar dan praktisi bisnis. Tulisan pertama adalah “Analisis Perbandingan Elemen-Elemen Brand Equity Pada Produk Obat Maag Merek Promag Dan Merek Mylanta”. Suatu kajian mengenai elemen-elemen brand ekuity dikaitkan dengan kasus produk obat.
    Kemudian tulisan berikutnya membahas ”Pengaruh Persepsi Auditor Atas Kompetensi, Independensi Dan Kualitas Audit Terhadap Umur Kantor Akuntan Publik (KAP) Di Jakarta”. Tulisan yang membahas mengenai persepsi auditor dikaitkan dengan umur KAP-nya.
    Tulisan ketiga adalah ” Analisis Tingkat Kualitas Layanan SMK Muhammadiyah 01 Bekasi Ditinjau Dari Harapan Dan Kenyataan Siswa-Siswi. Penelitian ini mengkaji bagaimanakah tingkat kualitas layanan pada sekolah.
    Tulisan keempat adalah “Aspek-Aspek Politik, Ekonomi, Sosial Dan Budaya Dalam Pendidikan : Pendidikan Dalam Perspektif Politik Di Indonesia (Studi Dokumentasi)”. Tulisan ini merupakan studi dokumentasi mengenai Aspek-aspek Politik, Ekonomi Sosial Budaya dalam Pendidikan.
    Persepsi Mahasiswa S1 Akuntansi Tentang Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
    Tulisan terakhir mengenai “Persepsi Mahasiswa S1 Akuntansi Tentang Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Mahasiswa Program S1 Akuntansi IBN)”. Merupakan Penelitian mengenai persepsi dari mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan.
    Demikian isi ESENSI nomor ini, selamat membaca, dan mari majukan terus budaya keilmuan kita.
    Salam,
    Pemimpin Redaksi,
    Dr. Iwan Kurniawan

  • ESENSI : Jurnal Manajemen
    Vol 11 No 1 (2008)

    ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis is a peer-reviewed journal published three times a year (January-April, May-August, and September-December) by Graduate in Management Program, Faculty of Economics and Business, Institut Bisnis Nusantara. The ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on business. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis invites manuscripts in the areas of marketing management, finance management, strategic management, operation management, human resource management, e-business, knowledge management, management accounting, management control system, management information system, international business, business economics, business ethics and suistainable, and entrepreneurship.

  • ESENSI:Jurnal Manajemen
    Vol 10 No 2 (2007)
26-33 of 33