PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE BANK DKI CABANG PEMBANTU PONDOK GEDE TERHADAP KEPUASAN NASABAH

  • Aulia Hasanah Institut Bisnis Nusantara
  • Aqsiami Kirana Institut Bisnis Nusantara
Keywords: CUSTOMER SERVICE, Bank DKI, KEPUASAN NASABAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan Customer Service Bank DKI Cabang Pembantu Pondok Gede terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 147 orang nasabah yang melakukan transaksi di Bank DKI Cabang Pembantu Pondok Gede. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan Customer Service Bank DKI Cabang Pembantu Pondok Gede berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Hal ini terlihat dari uji hipotesis mengenai pengaruh antara kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan. Uji hipotesis dilihat dari perbandingan antara t hitung dengan t tabel, dimana t hitung (4,427) > t tabel (1,655), maka Ho ditolak dan Ha diterima (ada pengaruh). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan Customer Service Bank DKI Cabang Pembantu Pondok Gede terhadap kepuasan nasabah. Selain itu nilai koefisien korelasi sebesar 0,345 memperlihatkan hubungan yang cukup antara kualitas pelayanan Customer Service Bank DKI Cabang Pembantu Pondok Gede dengan kepuasan nasabah. Variabel X (kualitas pelayanan) dengan variabel Y (kepuasan)  memiliki hubungan yang cukup. Hal ini berdasarkan data yang didapat di lapangan bahwa nilai variabel kualitas pelayanan dengan variabel kepuasan yang keduanya nilainya terbilang cukup sebesar 0,345. Apabila dinilai data dari uji korelasi variabel X dan variabel Y, dimana r hitung lebih besar dari r tabel, yaitu r hitung sebesar 0,345 dan r tabel 0,162. Kriteria tersebut ada pada korelasi yang cukup yaitu (>0,25 – 0,5).

References

[1] Philip Kotler dan Kevin L. Keller, Manajemen Pemasaran : Edisi ke-13 Jilid 1, Erlangga, Jakarta, 2009.
[2] Djaslim Saladin, Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Pelaksanaan Unsur-Unsur Pemasaran, CV Linda Karya, Bandung, 2012.
[3] Theodore Levit, et.all, Marketing Classics, Amara Books, Yogyakarta, 2017.
[4] Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta, 2012.
[5] Zulian Yamit, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Ekonisia, Yogyakarta, 2010.
[6] Tony Wijaya, Manajemen Kualitas Jasa (Desain Servqual, QFD, dan Kano), PT.Indeks, Jakarta Barat, 2011.
[7] Ratminto dan Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Januari 2010.
[8] Fandy Tjiptono dan Gregorious Chandra, Service Quality dan Satisfaction: Edisi 4, Andi Yogyakarta, 2016.
[9] Muhammad Adam, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi, Alfabeta, Bandung, 2015.
[10] Freddy Rangkuti, Customer Care Excellence: Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2017.
[11] Danang Sunyoto, Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus), CAPS (Center of Academic Publishing Service), Yogyakarta, 2012.
[12] Ikatan Bankir Indonesia, Mengelola Kualitas Layanan Perbankan, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2014.
[13] Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta, 2016.
[14] Sugiyono, Metode Penulisan Kuantitatif Kualitatif dan R&B, Alfabeta, Bandung,
2012.
[15] Duwi Priyatno, Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS, Cetakan 1, Gava Media, Yogyakarta, 2013.
Published
2018-12-21
How to Cite
Hasanah, A., & Kirana, A. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE BANK DKI CABANG PEMBANTU PONDOK GEDE TERHADAP KEPUASAN NASABAH. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(3), 223-235. https://doi.org/10.55886/esensi.v21i3.140