ANALISIS STRATEGI E-MARKETING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI ONLINE

  • Ratih Wahyuningrum Institut Bisnis Nusantara
Keywords: E-Marketing, Strategi E-Marketing, Fashion, E-Commerce, SWOT

Abstract

Pesatnya pengguna internet di Indonesia kini banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk turut serta dalam meramaikan dunia maya melalui penjualan secara online/e-commerce. Salah satunya adalah maraknya penjualan produk fashion baik di facebook, blog, maupun website e-commerce, sehingga persaingan dalam bisnis online ini semakin ketat dan tidak sedikit para pebisnis online yang gagal dalam menerapkan e-commerce. Hal ini terkadang terjadi akibat kurangnya kualitas website e-commerce yang dimiliki, kurangnya daya tarik dari segi promosi atau harga, kurangnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap web e-commerce yang ada di Indonesia, maupun kurangnya penerapan pemasaran online (e-marketing) pada web e-commerce yang menjual produk fashion. Oleh sebab itu diperlukan penelitian untuk menganalisis minat beli masyarakat terhadap web e-commerce yang menjual produk fashion (pakaian wanita) di Indonesia sekaligus menyusun strategi bisnis dalam meningkatkan minat beli online masyarakat dengan menerapkan e-marketing pada web e-commerce tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner di beberapa lokasi di Jakarta dengan beberapa profesi dan sasaran penelitian adalah wanita. Adapun analisis strategi e-marketing yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis situasi (SWOT).

References

[1] The internetworldstats website. [Online]. Available: http://www.internetworldstats.com. Diakses 23 Desember 2013.
[2] Coupey, Eloise. 2001. Marketing and the Internet. New Jersey: Prentice Hall.
[3] Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2004. Principles of Marketing. 10th Edition. United States of America: Pearson Prentice Hall.
[4] Mohammed, Fisher, Jaworski, and Paddison, 2003, Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy. United States of
America: McGraw-Hill.
[5] Reedy, Joel, Shauna Schullo and Kenneth Zimmerman, 2000, Electronic Marketing, Integrating Electronic Resources Into The Marketing Process, The Dryden Press, Harcourt College Publishers, United States of America.
[6] Strauss, Judy and Raymond Frost. 2009. E-Marketing. 2nd Edition. New Jersey: Prentice Hall
[7] Rangkuti Freddy, 2004, Analisis SWOT Tentang Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta
[8] Rayport, Jeffrey F. dan Bernard J.Jaworski, 2003, Introduction To E-Commerce, 2nd Edition, McGraw-Hill, New York.
[9] Sugiyono, Prof., Dr., 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta : Bandung.
Published
2018-12-21
How to Cite
Wahyuningrum, R. (2018). ANALISIS STRATEGI E-MARKETING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI ONLINE. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(3), 275-290. https://doi.org/10.55886/esensi.v21i3.143