ANALISIS TARGETING DAN POSITIONING PASAR JASA PENDIDIKAN UNTUK INSTITUT BISNIS NUSANTARA

  • Novan Yurindera https://scholar.google.com/citations?user=7CX75SAAAAAJ&hl=en
Keywords: Targeting, Positioning

Abstract

Penentuan target pasar dan positioning yang tepat diperlukan untuk menghasilkan sebuah program pemasaran yang tepat sasaran sehingga dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Berdasarkan hasil analisis, target pasar yang tepat bagi Institut Bisnis Nusantara adalah mereka para calon mahasiswa yang menginginkan kemudahan pembiayaan dan peluang kerja bagi lulusan, peduli akan kurikulum dan dosen yang berkualitas, mengidamkan kampus yang peduli terhadap mahasiswa memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta layanan publik di dalam kampus. Dan dengan kalimat positioning berupa: Bagi para calon mahasiswa yang menginginkan kemudahan pembiayaan dan peluang kerja bagi lulusan, peduli akan kurikulum dan dosen yang berkualitas, mengidamkan kampus yang peduli terhadap mahasiswa, memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta layanan publik di dalam kampus, Yang kesulitan apabila harus membayar uang kuliah dalam jumlah besar sekaligus, Institut Bisnis Nusantara adalah kampus yang menyelenggarakan pendidikan S-1 Ekonomi, Komunikasi, Komputer dan Bahasa Inggris, Yang menyediakan angsuran pembayaran yang ringan, dibandingkan dengan kampus swasta yang lain, dengan program kemudahan pembiayaan kuliah, IBN juga menerapkan kurikulum terbaik dengan dosen berkualitas didukung oleh sarana dan prasarana lengkap.

References

Al Rise and Jack Trout, 1987, “Marketing Warfare”, McGraw Hill, Inc., Penerbit Erlangga, Jakarta
Geoffrey A. Moore, 2001, “Crossing The Chasm, Marketing and Selling High-Tech Products to Mainstream Customers, Revised Edition”, HarperCollins Publishers
Hiebing & Cooper, S.W, 1997, “How To Write A Succesfull Marketing Plan. 2nd editions”, NTC Bussiness book, Lincolnwood
Malcolm McDonald, Ian Dunbar, 2004, “Market Segmentation: How to Do It, How to Profit From It”, Elsevier Butterworth-Heinemann
Orville C. Walker, Jr., Harper W. Boyd, Jr., Jean-Claude Larréché, 1992, “Marketing Strategy: Planning And Implementation”, Richard D. Irwin Inc., Homewood, Illinois
Philip Kotler, 2000, “Marketing Management, The Millennium Edition”, Prentice Hall, New Jersey
Philip Kotler, 1997, “Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation, and Control, Ninth Edition”, Prentice Hall, New Jersey
Philip Kotler, 1994, “Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation, and Control, Eighth Edition”, Prentice Hall, New Jersey
Rhenald Kasali, 1998, “Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi, Tagetting, Positioning”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Published
2012-11-16
How to Cite
Yurindera, N. (2012). ANALISIS TARGETING DAN POSITIONING PASAR JASA PENDIDIKAN UNTUK INSTITUT BISNIS NUSANTARA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 15(3), 83-95. https://doi.org/10.55886/esensi.v15i3.185