MOTIF PENGUNJUNG KEDAI KOPI DI JAKARTA

  • Novan Yurindera Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Motif, Kedai Kopi, Cochran Q-Test

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pengunjung kedai kopi di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang lokasi penelitiannya diadakan di kedai kopi di Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah para seluruh konsumen yang mengunjungi kedai kopi di Jakarta. Sampel yang diteliti sebanyak 200 orang dan teknik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling. Uji Validitas menggunakan teknik uji Product Moment dan Uji Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Cochran Q-Test untuk mengetahui motif pengunjung kedai kopi di Jakarta. Dari hasil analisis responden diperoleh hasil yaitu bahwa motif pengunjung kedai kopi di Jakarta adalah karena kualitas kopi, merek yang sudah terkenal, promosi yang diadakan, harga yang terjangkau dan lokasi yang strategis.

References

Basu Swasta dan T. Hani Handoko (2000), Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen), Yogyakarta: BPFE UGM
Ghozali, Imam (2016) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary (2003), Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1 Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Masfufah Hanik Akbar dan Agusty Tae Ferdinand (2015), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Kafe Five Points Semarang, Diponegoro Journal of Accounting Vol.4, No.4, Semarang
Ninemeier, J.D. & D.K. Hayes. (2006). Hotel Operations Managament. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga Belas Jilid Satu, Jakarta: Erlangga
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah (2013), Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset
Sardiman, A.M (2006), Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sintia Afriyanti dan Elly Rasmikayati (2018), Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen Dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi di Jatinangor, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, Vol.4, No.3, Bandung
Suarthana (2006), Manajemen Perhotelan edisi Kantor Depan, Kuta Utara: Mapindo
Sugiyono (2014) Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sumarwan, Ujang (2011), Perilaku Konsumen, Bogor: Ghalia Indonesia
Sunyoto, Danang (2012), Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service
Published
2020-04-24
How to Cite
Yurindera, N. (2020). MOTIF PENGUNJUNG KEDAI KOPI DI JAKARTA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(1), 23-33. https://doi.org/10.55886/esensi.v23i1.193