ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN PENGELOLAAN PERUSAHAAN, TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2017)

  • Albertus Karjono Institut Bisnis Nusantara
  • Made Christine Adriella Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Profitabilitas, Solvabilitas, Pengelolaan Perusahaan, Perataan Laba

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menentukan apakah pengaruh profitabilitas, solvabilitas dan pengelolaan perusahaan, terhadap praktik perataan laba. Perataan laba dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan model eckel, profitabilitas diproksikan dengan return on assets (ROA), solvabilitas diukur dengan debt to equity ratio (DER), dan pengelolaan perusahaan diproksikan dengan dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan komite audit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh return on assets (ROA) yang signifikan pada α = 1%, debt to equity ratio (DER) yang signifikan pada α = 5%, dewan komisaris independen yang signifikan pada α = 10%, komite audit yang signifikan pada α = 5%. Hasil ini berbeda dengan kepemilikan manajerial yang tidak memiliki pengaruh secara signifikan pada α = 10%.

Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa profitabilitas dengan proksi return on assets (ROA) berpengaruh signifikan secara negatif terhadap praktik perataan laba, solvabilitas dengan proksi debt to equity ratio (DER) berpengaruh signifikan secara positif terhadap praktik perataan laba, pengelolaan perusahaan dengan proksi dewan komisaris independen berpengaruh signifikan secara negatif terhadap praktik perataan laba, dan pengelolaan perusahaan dengan proksi komite audit berpengaruh signifikan secara positif terhadap praktik perataan laba. Sedangkan pengelolaan dengan proksi kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba.

References

[1] Ikatan Akuntansi Indonesia, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1, Jakarta, 2017.
[2] Chairunnisa, Yaumil dan Dr. Ifa Ratifah. 2019. Pengaruh Profitabilitas dan Financial Leverage Terhadap Praktik Perataan Laba (Income Smoothing). Universitas Pasundan. Bandung.
[3] Abriprayu, Kris Brantas. 2011. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, Kualitas Audit, dan Dividend Payout Ratio Terhadap Perataan Laba. Universitas Diponegoro. Semarang
[4] Framita, Dien Sefty. 2018. Pengaruh Return On Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM), Debt To Equity Ratio (DER), Leverage Operasi, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Perataan Laba. Jurnal Akuntansi, Vol 5 No. 2 Universitas Serang Raya. Serang.
[5] Wiliam, Agam Ananda. 2017. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsbility dan Good Corporate Governanec Sebagai Variabel Moderasi. Universitas Pasundan. Bandung.
[6] Dewi, Ratih Kartika. 2011. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba (Income Smoothing) Pada Perusahaan Manufaktur dan Keuangan Yang Terdaftar di BEI. Universitas Diponegoro. Semarang.
[7] Trisnawati, Mufarrokah, Mohamad Rafki Nazar, dan Siska Priyandani Yudowati. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Dividend Payout Ratio, dan Financial Leverage Terhadap Praktik Perataan Laba. Universitas Telkom. Jakarta.
[8] Ferdiansyah, Davi. 2013. Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas dan Rentabilitas Untuk Mengukur Kinerja Keuangan PT. Madu Baru Yogyakarta Tahun 2010-2012. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
[9] Hery. 2017. Teori Akuntansi Pendekatan Konsep dan Analisis. PT Grasindo. Jakarta.
[10] Utari, Ratih Javariani, Emilia Gustini, dan Lukita Tripermata. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, dan Dividend Payout Ratio Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015. Universitas Indo Global Mandiri. Sumatera Selatan.
[11] Fitri, Nur, Eyo Asro Sasmita, dan Amir Hamzah. 2018. Pengaruh Solvabilitas, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Perataan Laba. Universitas Kuningan. Kuningan.
[12] Forum for Corporate Governance in Indonesia (FCGI). 2002. Seri Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance) jilid II. Jakarta.
[13] Herni dan Yulius Kurnia Susanto. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Publik, Praktik Pengelolaan Perusahaan, Jenis Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Risiko Keuangan Terhadap Perataan Laba. Trisakti School of Management. Jakarta.
[14] Kharisma, Akbar, dan Linda Agustina. 2014. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Perataan Laba. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
[15] Wolf, Sandra. 2018. Signaling Family Firm Indentity. Springer Gabler. Jerman.
[16] Wiyarsi, Rtno Budhi. 2012. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
[17] Wongso, Amanda. 2013. Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Kepemilikan, dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Dalam Prespektif Teori Agensi dan Teori Signaling. Universitas Katolik Widya Mandala. Surabaya.
[18] Rahayu, Dr. Sri Mangesti, Dr. Wita Ramadhanti, dan Taufik Margi Widodo. 2018. Analisis Pengaruh Gender Direksi dan Komisaris, Manajemen Laba, serta Kinerja Perusahaan Terhadap Kompensasi Manajemen Puncak di ASEAN. Deepublish. Yogyakarta.
[19] R.A. Supriyono. 2018. Akuntansi Keperilakuan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
[20] Amin, Muhammad Al. 2018. Filsafat Teori Akuntansi. Unimma Press. Magelang.
Published
2020-08-28
How to Cite
Karjono, A., & Adriella, M. (2020). ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN PENGELOLAAN PERUSAHAAN, TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2017). ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 114-136. https://doi.org/10.55886/esensi.v23i2.200