PANDEMI COVID-19 DAN KINERJA DOSEN (STUDY KASUS KINERJA DOSEN PADA PT XYZ)

  • Susi Adiawaty Institut Bisnis Nusantara
Keywords: kinerja, stress kerja, kemampuan teknologi

Abstract

Fenomena pada masa Pandemi Covid-19 yang berdampak pada semua sendi kehidupan termasuk dunia kampus adalah diberlakukannya pembelajaran jarak jauh. Mahasiswa dan dosen melakukan proses pembelajaran menggunakan teknologi yang sebelumnya telah menjadi wacana dunia kampus untuk menerapkan teknologi 4.0. Dosen dituntut menjalankan tanggung jawab dan peran sesuai Tridarma perguruan tinggi menggunakan teknologi. Perubahan situasi yang mendadak ini berdampak serta ketidaksiapan dalam menguasai teknologi yang harus dijalankan akan membawa situasi stres tersendiri bagi para dosen serta berdampak pada kinerja dosen. Kajian ini menyajikan temuan empiris berupa data statistik deskriptif yang memberikan gambaran frekuensi jawaban responden. Hasil kajian menunjukkan Dosen Lembaga pendidikan Tinggi XYZ tidak mengalami stres kerja atas situasi perubahan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Meskipun kemampuan teknologi yang dimiliki para dosen belum mampu mengatasi trouble shooting yang terjadi namun semangat yang cukup tinggi mampu mengatasi kendala dalam proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19. Dampak penerapan pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi ini tidak menurunkan kinerja para dosen, di mana para dosen masih mampu memenuhi tuntutan kualitas, kuantitas, target waktu dalam menyelesaikan tugas kerja sebagai dosen. Hanya saja komitmen terhadap aspek pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu tridarma yang harus dilakukan masih rendah yang dapat disebabkan belum adanya informasi yang jelas dari pemerintah terkait hal tersebut.

References

Davison, dkk (2004). AbnormalPsychology. London: Sage Publications Co
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, Jakarta: PT RajaGrafindo, 2009.
Kusnadi, Miqdad Arats. (2014). Hubungan antara Beban Kerja dan Self Efficiacy dengan Stres Kerja pada Dosen Universitas X. Surabaya: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya vol 3 no 1 (2014).
James Gibson, John Ivancevich, Robert Konopaske - Organizations_ Behavior, Structure, Processes-McGraw-Hill_Irwin (2011)
Lubis, Rahmi & Rislisa. (2008). Stres Kerja Pada Karyawan Restoran Siap Saji dan Restoran Minang. Jurnal Penelitian Magister Psikologi UMA, 1(2),
Mangkunegara, A. P. (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Safaria, T. (2011) Peran Religious Coping Sebagai Moderator dari Job Insecurity terhadap Stres Kerja pada Staf Akademik. Humanitas, VIII, pp.155–170.
McShane, S.L & Von Glinow, M.A. (2003). Organizational Behavior (2nd eds.) NJ: McGraw-Hill.
Prawirosentono, S. (1999), Kebijakan Kinerja Karyawan, Edisi I, Yogyakarta: BPFE.
Robbins, S. P. (2002). Organizational Behavior. Upper Saddle River, New
Jersey: Pearson Education
https://roisnahrudin.wordpress.com/2008/10/06/tujuh-peran-penting-informasi-teknologi-it-untuk-dunia-pendidikan/
http://lppm.unud.ac.id/wp-content/uploads/Persepsi-Dosen-Unud-terhadap-penggunaan-Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-dalam-proses-pembelajaran-oleh-Ramaswati-Purnawan.pdf
Stephen P. Robbins & Timonthy A. Judge, Organizational Behavior, 16th edition, 2015, Pearson Ecducation, Inc
Shalvendy, Gavriel (ed.) (2006). Handbook of Human Factors and Ergonomics (3rd eds.). New Jersey: John Willey & Sons, Inc.
Uwes, Sanusi (1999), Manajemen Pengembangan Mutu Dosen, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.
Published
2020-08-28
How to Cite
Adiawaty, S. (2020). PANDEMI COVID-19 DAN KINERJA DOSEN (STUDY KASUS KINERJA DOSEN PADA PT XYZ). ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 191-198. https://doi.org/10.55886/esensi.v23i2.204