PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SOCIOLLA
Abstract
Kualitas layanan menjadi salah satu faktor pertimbangan konsumen untuk membeli suatu produk. Selain kualitas layanan, harga dan promosi juga menjadi faktor pertimbangan yang tidak kalah pentingnya.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikan tidaknya pengaruh kualitas layanan, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian pada Onlineshop Sociolla.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif, teknik pengambilan data dengan cara membagikan kuesioner kepada 100 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan uji Validitas dan Reliabilitas, Regresi Linier Berganda, Uji Statistik F dan Uji Statistik t.
Hasil penelitian dengan uji statistik F diperoleh bahwa kualitas layanan, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian pada Onlineshop Sociolla. Sedangkan melalui uji statistik t, diperoleh kualitas layanan, harga dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian pada Onlineshop Sociolla.
References
Fandy Tjiptono. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Edisi 1. Yogyakarta: Andy Offset, 2004.
Rosvita Dua Lembang. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian The Siap Minum Dalam Kemasan Merek The Botol Sosro. Semarang, 2010
Ahmad Fadil Muharom. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Motor Honda Vario 150. Jakarta, 2019.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2009.
Philip Kotler. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Edisi 6 Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 1991.
Philip Kotler dan Gary Amstrong. Dasar-dasar Pemasaran: Principle of Marketing 7e. Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo, 1997.
Gunawan. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian di PT Brantas Abipraya. Jakarta, 2019.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2009.
Cannon, Perreault dan McCathy. Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Edisi 16 Buku 2. Jakara: Salemba Empat, 2009.
Kusumah Bakti Pratama. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada
Philip Kotler, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong. Manajemen Pemasaran: Sudut Pandang Asia. Edisi 3. Jakarta: Indeks, 2004.
Prof. Dr. Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2014.
Sugiyono. Statistik Dalam Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima. Bandung: Alfabeta, 2009.
Uma Sekaran. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, 2017.
Dwi Priyatno. Mandiri Belajar SPSS. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Mediakom, 2009.
Darmadi, Durianto; Sugiarto; Toni Sitinjak. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas & Perilaku Merek. Cetakan Ketiga. Jakarta: Gramedia, 2004.
Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.
Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.
Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.
Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.
Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.
Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.