FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN AUDITAN KEPADA STAKEHOLDER

  • Tiwi Herninta Institut Bisnis Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan auditan dari perusahaan yang telah go pubic di Bursa Efek Indonesia kepada stakeholder, dengan menggunakan data laporan keuangan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan auditan di antaranya adalah profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, kualitas audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan opini audit.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan jenis data adalah data sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 26 perusahaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu dalam penyampaian laporan keuangan auditan kepada stakeholder adalah profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Aset (ROA) dengan arah positif, leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER) dengan arah positif, Ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Ln Aset dengan arah negatif serta kepemilikan manajerial dengan arah positif. Sementara variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen adalah Reputasi Kantor Akuntan Publik, Kepemilikan Institusional dan Opini Audit.

References

Salinan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29/ PJOK.04/2016 tentang Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik, 2016

Liputan6.com, 2017, diakses 10 Agustus 2020

CNBC Indonesia, 2018, diakses 15 Agustus 2020

Bisnis.com, 2019, diakses 18 Agustus 2020

Rachmawati, S, “Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan terhadap Audit Delay dan Timeliness”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2008.

Hilmi, Utari dan Syaiful Ali, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan”. Simposium Nasional Akuntasi XI Ikatan Akuntansi Indonesia, 2008.

Komang Wahyu Surya Saputra dan I Wayan Ramantha, “Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan dengan Opini Audit sebagai Pemoderasi”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 2017

Oktarina, Megawati dan Michell Suharli,”Faktor Penentu Kepatuhan Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2005.

Rustiarini, Ni Wayan, Pengaruh Corporate Governance pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan, Simposium Nasional Akuntansi XIII, 2010.

Jensen, M. C. dan Meckling, W. H., Theory of firm: Manajerial Behaviour, Agency Costs and Ownership Structure, Journal of Financial Economics, 1976.

Saleh, Rachman dan Susilowati, “Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur di BEI, Jurnal Bisnis Strategi, 2004.

Sari, Fuji, Winda, “Analisa Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampian Laporan Keuangan”, STIE Muhamadiyah Cilacap

Gafar Abdul, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indoenesia’, Forum Ekonomi vol. 19 no.1, 2017

Dewayani, Mega Arista, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan, The 6th University Research Colloquium 2017, Universitas Muhammadiyah Magelang. 2017

Eksandy, Arry, “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Komite Audit terhadap Audit Delay”, 2017

Suwardjono, Teori Akuntansi, Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi 3, Yogyakarta, BPFE, 2013

Pramana A dan Ramantha, W, “Pengaruh Profitabilitas, Umur Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen dan Komite Audit pada Ketepatwaktuan Publikasi Laporan Keuangan Tahunan”, E-Jurnal Akuntansi, Universitas Udayana, 2015

Kieso, Donald, Jerry J, Weygandt and Teery D. Warfield, Intermediate Accounting, Jakarta: Erlangga, 2014

Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim, Analisa Laporan Keuangan, Edisi Kedua, Yogyakarta, UUP AMP YKPN, 2005.

Kasmir, Analisa Laporan Keuangan, Edisi satu, Rajawali Pers, Jakarta, 2013.

Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin, Pasar Modal di Indonesia, Edisi Ketiga, Salemba Empat, Jakarta, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&B, AlfaBeta, Bandung, 2012.

Suranta, Eddy, dan Mas’ud Machfoedz, “Analisis Struktur Kepemilikan, Nilai Perusahaan, Investasi, dan Ukuran Dewan Direksi”, Simposium Nasional Akuntansi VI, 2003.

Sigit, Mareta, “Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Timeliness Publikasi Laporan Keuangan”, Jakarta, Universitas Mercu Buana, 2015

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2005

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-01-04
How to Cite
Herninta, T. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN AUDITAN KEPADA STAKEHOLDER. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(3), 333-348. https://doi.org/10.55886/esensi.v23i3.212