PENGARUH PERSEPSI DAN SIKAP TERHADAP MOTIVASI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI MASA PANDEMI

  • Novan Yurindera Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Persepsi, Sikap, Motivasi, Keputusan Pembelian Online, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan sikap konsumen tentang belanja online terhadap motivasi konsumen atas belanja online, sekaligus juga untuk mengetahui dampaknya pada keputusan konsumen dalam melakukan pembelian online pada masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan metode asosiatif. Besarnya sampel yang digunakan sebanyak 150 responden. Analisis pengolahan data menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS–SEM) dengan pengolahan data menggunakan SmartPLS. Selanjutnya dilakukan outer model, inner model, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dan sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online baik secara langsung atau pun melalui motivasi di masa pandemi.

References

Henry Simamora. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakarta. 2004.

Ibnu Widiyanto dan Sri Lestari Prasilowati. 2015. Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.17, No. 2, September 2015

Imam Ghozali, Structural Equation Modeling – Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 2014

Merna M. M. Tompunu. Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di KFC Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014

Nugroho J. Setiadi. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media. 2003

Philip Kotler. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. PT Indeks Kelompok. Gramedia. Jakarta. 2005

Philip Kotler dan Garry Amstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Erlangga. Jakarta. 2008.

Ronald B Adler dan George Rodman. Understanding Human Communication. Terjemahan Agus Darma. Erlangga. Jakarta. 2010

Soekanto Reksohadiprodjo dan Hani Handoko. Organisasi Perusahaan: Teori, Struktur dan Perilaku. BPFE. Yogyakarta. 1996

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta. Bandung. 2014

Tisti Ilda Prihandini dan Sony Sunaryo. Structural Equation Modelling (SEM) dengan Model Struktural Regresi Spasial. Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro. 2011

Ujang Sumarwan. Perilaku Konsumen Edisi Kedua. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor. 2018

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-01-04
How to Cite
Yurindera, N. (2021). PENGARUH PERSEPSI DAN SIKAP TERHADAP MOTIVASI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI MASA PANDEMI. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(3), 349-361. https://doi.org/10.55886/esensi.v23i3.213