PENGARUH KUALITAS PRODUK, PELAYANAN BARISTA DAN PROMOSI DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KEDAI HIMPUNAN KOPI JAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, pelayanan Barista, dan promosi di media sosial terhadap kepuasan konsumen kedai Himpunan Kopi Jakarta baik secara parsial maupun simultan.
Metode penelitian ini menggunakan metode asosiatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 225 responden. Analisis pengolahan data menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS–SEM) dengan pengolahan data menggunakan SmartPLS. Selanjutnya dilakukan outer model, inner model, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas produk, pelayanan barista, dan promosi di media sosial terhadap kepuasan konsumen kedai Himpunan Kopi Jakarta.
References
Bagas Aji Pamungkas dan Siti Zuhroh, “Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang)”. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura. Vol. X, No. 02. September 2016: 145-160.
Bisnis.com “Konsumsi Kopi Dalam Negeri Alami Pertumbuhan Hingga 8 Persen Setiap Tahun”, https://ekonomi.bisnis.com/read/20190717/99/1125329/konsumsi-kopi-dalam-negeri-alami-pertumbuhan-hingga-8-persen-setiap-tahun diakses 12 Juli 2020
Danang Sunyoto, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, CAPS, Yogyakarta, 2012
Dita Putri Anggraeni, Srikandi Kumadji, dan Sunarti, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan)”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 37 No. 1 Agustus 2016: 171-177.
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Liberty, Yogyakarta, 2004
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, Service, Quality, and Satisfaction, Edisi 3, Andi Offset, Yogyakarta, 2011
Handi Irawan, Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan, Gramedia, Jakarta, 2008
Imam Ghozali, Structural Equation Modeling – Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 2014
Januar Efendi Panjaitan, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung”. Jurnal Manajemen, Vol. 11 No. 2 September 2016: 265-289.
Nizar Alam Hamdani, dan Maulida Agustianus Zaman, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pizza Express Jakarta”. Jurnal Wacana Ekonomi, Vol. 16, No. 02 2017: 37-43.
Rambat Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta, 2001
Sudaryono, Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran, Lentera Ilmu Cendekia, Jakarta, 2014
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta. Bandung. 2014
Zulian Yamit, Manajemen Persediaan, Ekonisia Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta, 2008
Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.
Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.
Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.
Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.
Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.
Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.