ANALISIS ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY PADA SINETRON DUNIA TERBALIK

  • Bernard Edwin Silaban Institut Bisnis Nusantara
  • Felicya Angellista Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Brand Equity, Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen-elemen Brand Equity yaitu Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality dan Brand Loyalty pada Sinetron Dunia Terbalik di kalangan penonton/ pemirsa televisi di daerah Jakarta Timur.

Penelitian menggunakan metode deskriptif dan sampel penelitian adalah 100 orang pemirsa Sinetron Dunia Terbalik warga Jakarta Timur yang disurvei menggunakan kuesioner eksplorasi kemudian dilanjutkan dengan kuesioner untuk mengukur ekuitas merek. Teknik sampling menggunakan teknik cluster area (area sampling). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji Cochran dan rentang skala.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sinetron Dunia Terbalik menjadi Top of Mind untuk elemen Brand Awareness, memiliki 8 atribut pada elemen Brand Association, dan memiliki persepsi kualitas yang sangat baik pada elemen Perceived Quality serta memiliki pemirsa yang sangat loyal pada elemen Brand Loyalty.

References

https://www.wowkeren.com

Producer Sinetron Dunia Terbalik

Darmadi Durianto, Sugiarto, Tony Sitinjak, “Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek”, Cetakan Ketiga, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2004.

James A.F. Stoner, R. Edward Freeman, Dan Daniel Gilbert Jr, Manajemen” Jilid 1, Edisi Bahasa Indonesia, Alih Bahasa Oleh Alexander Sindoro. PT, Jakarta, 1996.

Djaslim Saladin, “Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan Dan Pengendalian”, Linda Karya, Bandung 2003

Martha Barletta, “Marketing To Women: Mendongkrak Laba Dari Konsumen Paling Kaya Dalam Segmen Pasar Terbesar ”, Cetakan 1, Ppm, Jakarta, 2004.

Buchari Alma, “Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi, Cetakan 7, Alfabeta, Bandung 2007.

Ab Susanto dan Himawan Wijanarko, “Power Branding”, Quantum, Jakarta, Jakarta 2004

Bilson Simamora, “Remarkating For Business Recovery”, Cetakan 1, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2001

Philip Kottler dan Kevin Lane Keller, “Manajemen Pemasaran”, Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, Erlangga, Jakarta 2009

David A. Aaker, “Manajemen Pemasaran Strategis” Edisi 8, Salemba 4, Jakarta 2013

Freddy Rangkuti, “The Power Of Brands”, Cetakan 1, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002

Bernard E. Silaban dan Aji Darmawan, “Analisis Perbandingan Elemen-elemen Brand Equity Toko Online Bukalapak dan Tokopedia”, Esensi Vol 21 No. 2 Institut Bisnis Nusantara, 2018

Fitri Andini Marsela, “Analisis Perbandingan Ekuitas Merek Sepatu Olahraga Nike Dan Adidas”, Esensi Vol 19 No. 2 Institut Bisnis Nusantara, 2016

Deny Ulfa, “Analisis Perbandingan Elemen-elemen Brand Equity Pada Mie Instan Merek Indomie Dan Mie Sedap Untuk Wilayah Tanjung Priuk”, ISSN 2549 6409 Vol 4 No 1 2020

Ravie Rahmadhanu, “Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Peter Says Denim Di Kota Bandung”, Penelitian Terdahulu 2014

Iqbal Hasan, “Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif)”, Edisi Kedua, Bumi Aksara, Jakarta 2005

Sugiyono, “Statisitika Untuk Penelitian”, Cetakan 15, CV. Alfabeta, 2009

Rosady Ruslan, “Manajemen Public Relations & Media Komunikasi”, Edisi Revisi, Pt. Raja Grafindo Persada, Jawa Barat, 2010

Sukandarrumidi, “Metodologi Penelitian”, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2012

Imam Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss”, Cetakan Keempat, Universitas Diponegoro, Semarang, 2006

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2021-04-23
How to Cite
Silaban, B., & Angellista, F. (2021). ANALISIS ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY PADA SINETRON DUNIA TERBALIK. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 24(1), 64-92. https://doi.org/10.55886/esensi.v24i1.229